Rakernas MITRAPOL 2018 Menuju Penyegaran Manajemen Baru

oleh

Mengusung tema “Paradigma Baru Manajemen Pers”. Redaksi MITRAPOL yang berdiri sejak tahun 2016 silam, akan terus mengembangkan sayapnya berkecimpung di dunia jurnalistik, menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2018 bertempat di Villa Billabong Jl. Kemang Bogor, Sabtu-Minggu (28-29/7/2018).

Pemimpin Redaksi MITRAPOL Dadang Rachmat, dan Wakil Pemimpin Redaksi Giri Putera saat memimpin jalannya Rakernas MITRAPOL 2018, Minggu (29/7).

Sejumlah agenda menjadi bahan bahasan penting dalam Rakernas yang digelar di Perumahan Bilabong Permai Bogor, Jalan. Raya Kemang Parung Bogor, Kelurahan Kemang, Kecamatan Parung Bogor, Jawa Barat, di antaranya peningkatan kualitas konten.

Hadir pada kesempatan ini, Pemimpin Redaksi MITRAPOL Dadang Rachmat, Wakil Pemimpin Redaksi Giri Putera, dan Litbang MITRAPOL Tengku Ferry Jaya Dinata yang duduk sebagai moderator jalan nya Rakernas 2018.

Tidak luput puluhan Kepala Perwakilan, Kepala Biro, dan Jurnalis baik yang berdomisili di Jakarta dan Daerah ikut menyemarakkan prosesi Rakernas 2018 itu.

Kepada para peserta Rakernas 2018, Giri Putera Wakil Pemimpin Redaksi yang membuka jalannya Rakernas mengatakan, hal ini penting diadakan demi melakukan penyegaran manajemen Redaksi. Dimana kini MITRAPOL sudah berbadan hukum baru dengan nama PT. MITRAPOL Jaya Multimedia.

“Kedepan peluang jalinan kerjasama dengan berbagai pihak akan semakin resmi dilakukan, sebab izin perusahaan pers Redaksi MITRAPOL telah diperbaharui, terutama kerjasama terhadap instansi pemerintahan dimana instansi tersebut memang mensyaratkan adanya izin resmi sebuah manajemen pers,” kata Giri.

Dadang Rachmat Pemimpin Redaksi MITRAPOL menegaskan sejak berdirinya MITRAPOL pada tanggal 5 September 2016, pasang surut silih berganti saat dirinya mengelola MITRAPOL.

“Namun hal itu tak lantas memenjarakan dan menghentikan langkah saya untuk terus berkiprah mengembangkan MITRAPOL. Berkat doa dan dukungan semua pihak termasuk para Jurnalis, kini MITRAPOL sudah mulai diperhitungkan keberadaannya,” ucap Dadang Rachmat.

Selain itu, lanjut Dadang, dirinya juga meminta agar semua unsur dari Pimpinan Tertinggi, Staf Redaksi, Litbang, Kepala Perwakilan, Kepala Biro, dan para Jurnalis agar memotivasi dirinya untuk lebih mengembangkan sayap MITRAPOL di berbagai kesempatan.

“Lebih ditingkatkan lagi manajemen kerja kita dalam unsur publikasi. Terbitnya izin perusahaan baru ini diharapkan Kepala Perwakilan, Kepala Biro dan Jurnalis mampu menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak utamanya instansi Pemerintahan,” pintanya.

Sebagai fungsi kontrol sosial, sambungnya, eksistensi penerbitan Tabloid MITRAPOL dan Online akan terus di maksimalkan. Mengingat peran kita sebagai unsur publikasi merupakan bagian terpenting pilar ke 4 Negara. “Untuk itu semua pihak yang ada di struktur MITRAPOL harus mengambil andil dan bagian dalam mengembangkan MITRAPOL agar lebih baik lagi kedepan,” imbau Dadang Rachmat.

Sementara itu, ditunjuknya Tengku Ferry Jaya Dinata sebagai Litbang baru menggantikan Litbang sebelumnya, dirasakan membawa angin perubahan manajemen. Sikap tegas saat menjalankan fungsinya sebagai Litbang mulai terasa manfaatnya di manajemen MITRAPOL.

“Saya hadir disini sebagai penyeimbang, sebagai instrumen baru menuju perubahan yang signifikan dalam manajemen. Untuk itu saya harapkan kita bisa bekerjasama dengan sebaik mungkin dalam mengembangkan MITRAPOL,” terang Tengku.

Dirinya juga meminta agar Kepala Perwakilan, Kepala Biro dan Para Jurnalis bisa bekerja dengan niat tulus memajukan MITRAPOL. “Tahun 2018 ini agar kita bisa bersungguh-sungguh melebarkan sayap MITRAPOL, agar semakin dikenal sebagai fungsi kontrol sosial. Jika ada rekan-rekan yang masih terkendala silahkan hubungi saya dan saya siap membantu segala bentuk kendala rekan-rekan saat bekerja di lapangan. Inti dari Rakernas ini adalah membahas agenda kerja sekaligus menyampaikan sistem manajemen yang akan di optimalkan di tahun 2018 ini,” tutup Tengku.

Kembali Dadang Rachmat menambahkan, di tengah-tengah persaingan sengit media massa, satu hal yang tak bisa dihindari adalah tuntutan menyajikan konten-konten yang berkualitas.

MITRAPOL, kata pria berambut panjang ini, berkepentingan memberikan informasi-informasi bermutu, baik dari segi kode etik jurnalistik, interest, konteks, dan manfaat yang bisa diambil para pembaca.

“Ini menjadi prioritas kerja kami. Khusus tim liputan MITRAPOL cetak dan online, Redaksi berkomitmen memperbanyak laporan-laporan indepht reporting terkait beragam isu yang sedang berkembang saat ini,” ujar Pimred dihadapan para peserta Rakernas, Minggu (29/07/2018).

Masih katanya, selain pembahasan sejumlah agenda dan program kerja ke depan, Rakernas ini juga menjadi ajang konsolidasi internal di tingkat pimpinan. Termasuk juga menjadi wadah menyegarkan kembali visi dan misi, serta semangat bersinergi antara satu dan lainnya. MITRAPOL, di berbagai divisinya, adalah satu tim. Kerja sama multiplatform mutlak diperlukan untuk memaksimalkan potensi yang ada.

“Saya yakin koordinasi apik antar divisi satu dan lainnya mendorong terciptanya iklim kondusif ke depan,” terang Dadang Rachmat.

Rapat Kerja adalah agenda rutin di internal MITRAPOL. Tak hanya di jajaran pimpinan, Raker serupa juga akan digelar di jajaran Redaksi secara keseluruhan dengan melibatkan Web IT, Tim Media Sosial, Konsultan Hukum, Redaktur Pelaksana, Redaktur, Litbang dan Reporter, serta para Wartawan MITRAPOL.

“Raker menjadi pijakan penting arah agenda dan program kerja dalam beberapa waktu ke depan. Dan tentunya, yang tak kalah penting bahwa Raker adalah manifestasi dari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wujud mempersembahkan yang terbaik. Tentu, tidak hanya bagi Redaksi, tetapi juga untuk kebaikan semua, warga masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Semoga Allah SWT meridhoi dan membimbing kita semua, dalam melaksanakan niat baik ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *