PNS Mantan Napi Siap-Siap Dipecat Secara Tak Hormat

oleh

MITRAPOL, Sultra – Tak banyak yang tahu saat ini ada sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang merupakan mantan narapidana korupsi, masih aktif berdinas, bahkan menduduki jabatan penting, padahal sesuai UU ASN (Aparatur Sipil Negara) mereka harus dipecat dengan tidak hormat.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Buton Utara, sejumlah PNS atau ASN yang mantan narapidana (napi) perkara kasus korupsi, dan status hukumnya sudah berkekuatan tetap (inkracht) hingga hari ini masi tetap berdinas aktif.

Beberapa diantaranya menduduki jabatan eselon, dan bahkan ada yang menduduki eselon III lingkup Pemerintah Buton Utara (Pemda Butur), serta sudah ada yang pindah tugas keluar daerah.

“Kita akan mengambil langkah secepatnya sebelum kita ditegur, paling lambat Desember, “kata Abu Hasana, Kamis (20/9/2018).

Ia menjelaskan, dari 7 orang mantan narapidana korupsi tidak ada lagi pendekatan karena hal ini secara nasional perintah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Untuk salinan putusan sementara menunggu, tapi kita tidak tunggu itu, yang pasti kita punya dasar pernah dipenjara karena putusan yang inkracht dan ini bukan lagi perintah BKN, tapi sudah perintah KPK. Seandainya ini tergantung masing-masing kepala daerah mungkin saya akan mempertimbangkan, tapi ini secara nasional, “ungkapnya.

Mantan Karo Humas Pemrov Sultar ini menambahkan, bagi pegawai menduduki jabatan yang belum memiliki Strata-1 untuk segera menyesuaikan paling lambat bulan ini.

“Kita beri waktu bulan ini, karena yang tidak sarjana itu tidak boleh menduduki jabatan, sampai bulan ini mereka harus menunjukkan bukti melanjutkan S1,”tegasnya.

 

 

David wiridin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *