Drainase Buruk, Kampung Keong Dan Situ Ilat Dilanda Banjir

oleh

MITRAPOL,Lebak – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (23/9/2018), dan diduga akibat drainase yang buruk, dua kampung di Kecamatan Kalanganyar kebanjiran, beberapa rumah dan kendaraan bermotor milik warga ikut terendam banjir.

Banjir melanda Kampung Situ Leutik RT 02,RW 03, Desa Aweh dan Kampung Keong, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Seorang warga setempat mengatakan, banjir diduga karena gorong-gorong air yang kecil dan tersumbat samapah, saya terpaksa membongkar selokan yang tersumbat sampah, kata Jalaludin (36) warga setempat, kepada mitrapol.com, Minggu (23/9/2018).

Beberapa barang berharga milik warga seperti kasur, lemari TV dan kendaraan roda dua ikut terendam air akibat banjir, banjir datang sekira pukul 14:30 WIB,” ujar Jalaludin.

Ketua RT Kampung Situ Leutik, Samuin membenarkan jika di wilayahnya itu terjadi kebanjiran akibat hujan deras dan drainase yang buruk.

“Drainase (saluran air) atau gorong-gorongnya tersumbat sampah, jadi air meluap ke permukaan jalan sehingga mengakibatkan banjir,”katanya.

Guna mengantispasi banjir susulan, kini warga setempat melakukan penggalian tanah membuat resapan air agar tidak lagi terjadi banjir.”Saya berharap Pemerintah Desa segera membantu membenahi drainase yang buruk ini,”tandasnya.

Sementara, warga Kampung Keong, Desa Cikatapis Yuniarsih, yang rumahnya ikut menjadi korban kebanjiran, mengaku rumahnya itu sudah menjadi langganan banjir jika hujan turun, menurutnya, banjir terjadi akibat drainase di kampung tersebut tidak berfungsi dengan baik.

“Ya pak, jika hujan deras rumah saya sudah dipastikan kebanjiran, lantaran air dari jalan raya meluap dan masuk kerumah saya, bahkan rumah warga lainnya pun sama kebanjiran juga,”ungkapnya.

 

 

Reporter : A4N

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *