Wakapolres Dan Wakil Bupati Nias Selatan Sampaikan Pesan Kamtibmas

by -433 views

MITRAPOL, Nias – Wakapolres Nias Selatan Kompol Bonggas Simarmata, SH mewakili Kapolres Nias Selatan bersama Wakil Bupati Nias Selatan menghadiri acara pentahbisan gedung gereja ONKP jemaat Maranatha desa Bawonahono resort Teluk dalam kabupaten Nias Selatan, Minggu (23/9).

Dalam sambutannya Bonggas menyampaikan selamat dan sukses kepada jemaat ONKP Maranatha sebab dengan susah payah jemaat telah berjuang kurun waktu yang cukup lama demi pencapaian progres pembangunan gedung tersebut yang diluluh lantakkan oleh guncangan gempa bumi pada tahun 2004 silam. “Apresiasi buat jemaat ONKP Maranatha atas kerja keras jemaat membangun gedung gereja ini kendati banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi”, ucapnya.

Selanjutnya ia menyampaikan betapa pentingnya hubungan yang baik antara kepolisian dan gereja terutama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menurutnya manusia yang beriman dan bertaqwa akan menjaga dirinya dari berbagai hal yang tidak diinginkan terlebih tindakan-tindakan yang mengarah pada pelanggaran hukum sehingga mengakibatkan terganggunya stabilitas ketertiban dan keamanan ditengah-tengah masyarakat.

Ia menyebutkan beberapa kasus di Nias Selatan yang dilatar belakangi oleh minimnya Iman dan ketaqwaan sehingga menimbulkan pelanggaran hukum.

Bonggas bahkan mengungkap begitu giatnya Polres Nias Selatan dalam hal pemberantasan miras lokal/Tuak (dalam bahasa Nias: Tuo Nifaro). Karena maraknya perdagangan Tuak ini banyak kasus tindak kekerasan yang terjadi di Nias Selatan diakibatkan miras. “Hilangnya akal sehat dan bertindak diluar kesadaran banyak disebabkan oleh Tuo Nifao”, ungkapnya.

Dia mengharapkan peran Gereja yang dapat proaktif untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dengan tujuan tercapainya Kamtibmas yang kondusif di Nias Selatan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. kami ucapkan rasa terimakasih kepada tokoh masyarakat yang telah menyampaikan bahwa suasana desa Bawonohono hingga saat ini tertib dan aman.

Menurutnya ketertiban dan keamanan sangat diperlukan oleh masyarakat, terlebih tidak lama lagi akan berlangsung pesta Demokrasi yakni pemilihan Presiden dan Legislatif. Mengakhiri sambutannya Bonggas menghimbau warga jemaat Maranatha dan secara umum seluruh warga desa Bawonahono agar dapat menjadi contoh dan teladan ditengah-tengah masyarakat luas di kabupaten Nias Selatan, oleh sebab itu Bonggas kembali berharap agar suasana seperti ini dapat terus terjaga demi kebaikan bersana. “Saya berharap ketertiban dan keamanan di desa ini dapat terus terjaga demi kebaikan bersama”, tandasnya.

Wakil Bupati Nias Selatan SozanoloNduru, mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan warga jemaat ONKP Maranatha atas pembangunan gedung gereja tersebut. Sozanolo yang juga menjabat sebagai personil Majelis Sinode gereja ONKP menyampaikan rasa kagum atas perjuangan jemaat walaupun penuh keterbatasan kondisi warga jemaat dari sisi finansial tetapi dapat menunjukkan diri sebagai jemaat yang sehati sepikir dengan rasa kekompakan gotong royong sehingga gedung gereja tersebut dapat ditahbiskan.

“Saya merasa kagum terhadap kesehatian dan rasa kegotongroyongan jemaat Maranatha. Hari ini jemaat maranatha telah membuktikannya yang disaksikan masyarakat luas bahwa kesehatian dan rasa gotong royong itu sangat penting dalam mencapai tujuan”, tegasnya.

Searah dengan penyampaian Wakapolres, Sozanolo menjelaskan bahwa sikap kesehatian dan gotong royong yang diterapkan oleh jemaat Maranatha juga merupakan indikator yang dapat mewujudkan Kamtibmas.

Sozanolo menghimbau kepada semua yang hadir pada acara itu agar sisi positif jemaat Maranatha ini dapat terus terpelihara demi terwujudnya kesejahteraan ditengah-tengah masyarakat.

Ratusan undangan hadir dalam acara tersebut, juga dihadiri oleh Bupati Nias Barat dan sejumlah tokoh gereja, tokoh masyarakat dan tokoh adat, terlebih BPH Pusat gereja ONKP beserta rombongan. Acara itu sukses terlaksana berkat kerja keras panitia pentahbisan yang sangat didukung oleh cuaca yang cerah sejak awal hingga akhir acara itu.

 

 

Reporter : Eman

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *