Mediasi Sengketa Tanah Waris di Pendopo Kelurahan Kasepuhan

oleh

MITRAPOL, Batang — Babinsa Koramil 10/Batang Kodim 0736/Batang, bersama aparat Kelurahan melaksanakan rapat mediasi menindaklanjuti pengaduan warga terkait permasalahan tanah antara Syawali (60) dan Edi (66) dimana keduanya merupakan ahli waris dengan obyek tanah terletak di Dukuh Kedungmiri Rt 01/03, rapat mediasi ini dilaksanakan di pendopo Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Batang Kabupaten Batang Jawa Tengah, Selasa (25/9/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Kasepuhan Purwoko S.Pd,dan staf Kelurahan Babinsa Kelurahan Kasepuhan Sertu Hartono dan pihak keluarga yang bersengketa kurang lebih 20 orang.

Dalam kegiatan tersebut Lurah Kasepuhan Purwoko S.Pd menyampaikan,” Karena tanah tersebut adalah tanah warisan sesuai hukum adat , harus dibagi oleh pewarisnya, tidak ada salah satu pewaris yang menguasai atas warisan tersebut,”ujarnya.

Tanggapan kedua belah pihak bahwa menerima apa kesepakatan mediasi dengan penuh kesadaran dan membuat kesepakatan bersama yang ditandatangani masing-masing pewaris dan diketahui lurah Kasepuhan. Hasil kesepakatan mediasi kedua pihak , bahwa tanah tersebut akan dijual dan harganya dibagi rata kepada pewaris yang berhak menerima.

Sementara Babinsa Sertu Hartono menyampaikan,” Saya berharap kedua belah pihak mengutamakan penyelesaiannya melalui jalan kekeluargaan, namun taat terhadap hukum yang berlaku,” pungkasnya.

 

Irul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *