Deklarasi Dukungan Wali Nagari Se-Dharmasraya Resmi Dilaporkan

  • Whatsapp

MITRAPOL, Dharmasraya – Puluhan Wali Nagari se-Dharmasraya terancam di pidana lantaran aksi deklarasi mendukung pasangan Calon Presiden Joko Widodo dan Kyai Ma’aruf Amin. Pernyataan sikap ini dilaksanakan di depan Kantor Wali Nagari, Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kamis (27/09/18) .

Aksi deklarasi tersebut diduga melanggar Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum Pasal 490, menjelaskan setiap Kepala Desa (Wali Nagari -red) atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye dipidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp12 juta.

Kemudian pasal 282 yang pasal ini menerangkan, pejabat negara, pejabat struktural, pejabat pungsional dalam jabatan negeri serta kepala desa/walinagari di larang membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang dapat dan bisa menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye, sanksi jika melanggar dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak Rp. 36 juta.

“Undang- Undang telah menjelaskan terhadap pelanggaran tersebut, namun sebelum diambil keputusan, kami akan mendalami serta mengumpulkan bukti-bukti lain selain rekaman vidio deklarasi Wali Nagari tersebut,” ungkap Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Dharmasraya, Syamsurizal saat dikonfirmasi awak media di kantornya.

 

 

 

Efrizal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *