BNN Nunukan Sebut Sindikat Narkoba Sebagian Besar Dikendalikan dari Lapas

Kepala BNN Kab Nunukan, Kompol Lamuati saat diwawancara mitrapol di kantornya

MITRAPOL, Nunukan – Kompol Lamuati, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab Nunukan diwawancarai Mitrapol usai sosialisasi di sejumlah Rukun Retangga (RT).

Menurut Lamuati, saat ini BNN Nunukan masih sebatas melakukan langkah-langkah nyata sesuai dengan peran sosial, diantaranya pertama melakukan pencegahan, melakukan pencegahan hukum dan melakukan rehabilitasi. “Hal ini yang perlu kita lakukan dengan maraknya peredaran narkotika yang diungkap Polri dan Bea cukai selama ini.

BNN Nunukan melakukan pencegahan disatu intansi pemerintah yaitu di pendidikan temasuk salah satunya di lingkungan Rukun Tetangga karena, disitu terjadi rawan penyalagunaan narkotika. Tidak saja disitu tetapi kita juga mensosialisasikan kepada ibu-ibu majelis talim, kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama.

Menurutnya, penyalagunaan narkotika dampaknya sangat besar dan dapat merusak otak, sehingga bisa menjadi gila. “Sekarang ini data BNN di Indonesia kurang lebih dalam satu hari 50 orang meninggal dunia akibat Narkotika,” ucapnya.

Lamuati juga mengatakan, sesuai data akurat yang dihimpun, bahwa jaringan sindikat narkotika sebagian besar dikendalikan dari dalam Lapas.

Oleh karena itu, lanjut Lamuati, diperlukan pengawasan yang ketat terutama bandar narkotika yang telah mendapat putusan tetap.

“BNN sendiri sudah berusaha membentuk penguat narkotika terutama dengan membentuk komunitas motor, komunitas sepeda, komunitas bola, dengan tujuan untuk memperkecil peredaran dan penyalagunaan Narkotika,” paparnya.

Saat ditanya kenapa sekarang ini semakin tinggi hukuman kepada penyalagunaan Narkotika, kok semakin banyak ditangkap apakah ini Faktor Ekonomi?

Menurut Lamuati, itu merupakan kemampuan bandar narkotika dalam mengiming-imingin agar pelaku banyak terlibat karena narkoba mudah mendapatkannya, mudah pemasarannya dan lebih cepat mendapatkan uang dengan untung yang besar.

yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.