Tekan Angka Pelanggaran, Satlantas Mimika Razia Besar-Besaran

MITRAPOL, Mimika – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mimika, Papua makin gencar melakukan razia kendaraan Roda Dua dan kendaraan Roda Empat guna menekan angka kecelakaan dan pelanggar Lalu Lintas di Kabupaten Mimika, Papua terutama di Kota Timika.

Tidak main-main, Satlantas Polres Mimika menerapkan sistem pindah-pindah tempat untuk mengelabui oknum-oknum pengendara nakal.

Kepada Mitrapol Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Indra Budi Wibowo, S.Ik di ruang kerjanya usai Razia pada kamis (04/10) mengatakan.

Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Indra Budi Wibowo, S.Ik
Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Indra Budi Wibowo, S.Ik

“Seminggu ini kita tingkatkan razia rutin, fokus kami (Satlantas) di berbagai titik yang tidak menentu dan berpindah-pindah tempat, Intinya sudah cukup selama ini kita sifatnya melaksanakan (razia) dengan tindakan persuasif melalui peringatan dan himbauan walaupun penilangan juga ada” Beber AKP. Indra

Dijelaskan, tujuanya hanya untuk menertibakan Lalu Lintas dan menekan angka pelanggaran dalam berlalu lintas yang menurutnya cukup tinggi di kabupaten Mimika, Papua

“Kita lebih giat lagi untuk menekan angka pelanggaran berlalu lintas, mulai sekarang kita akan razia besar-besaran. Tegas Kasat.

“Khusus hari ini, Kamis (04/10) lanjutnya razia yang berlokasi di Jalan Yossudarso, Timika, sekitar 60an kendaraan Roda Dua kita jaring, kemudian juga terdapat Dua kendaraan Roda Empat karena tidak bisa menunjukan surat-surat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga kendaraan langsung ditahan untuk kelengkapan, kalau memang suratnya tidak ada sama sekali berarti patut kita curigai bahwa kendaraan tersebut adalah barang bodong. Terang AKP. Indra.

“Salah satu sasaran kami lanjutnya adalah selain menjaring kendaraan umum (milik pribadi) juga menjaring kendaraan Dinas (milik pemerintah) yang sengaja diplat hitamkan”.

Dirinya menjelaskan, sebelumnya Satlantas telah menjaring beberapa kendaraan Dinas (Plat Merah) namun dalam sudah diplat hitamkan, bahkan kendaraan tersebut digunakan untuk Mobil Rental (kendaraan sewa).

“Lebih parahnya lagi ada beberapa mobil dinas menggunakan plat hitam tapi mereka ngarang-ngarang angka tidak sesuai registrasi dan direntalkan. Beber Kasat Lantas.

“hingga saat ini kita masih belum tahu dinas mana yang punya (Kendaraan) karena yang bersangkutan belum datang membawa surat-suratnya, Jika tidak sama sekali akan kita kandangkan kendaraanya”. Tegasnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas untuk menekan angka pelanggaran sehingga meminimalisir angka kecelakaan lalulintas yang cukup tinggi di Timika. Tutupnya.

 

 

Reporter  : Qodri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.