Kapolsek Limpung jadi Narasumber Bintek Pemberantasan Narkoba

oleh

MITRAPOL, Jateng – Kapolsek Limpung, AKP Donni Krestanto menjadi narasumber dalam kegiatan Bimtek Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba di Aula BPL-LKMD Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah, Rabu (10/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Limpung, perwakilan seluruh desa se Kecamatan limpung sebanyak 45 orang, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas.

Kapolsek limpung Polres Batang AKP Donni Kresnanto menjelaskan tentang pengertian narkoba di hadapan para audiensi yang sebagian besar diikuti masyarakat desa itu .

“Narkoba secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “kelenger”, hal yang bisa membuat seseorang tidak sadarkan diri (flay) Sedangkan menurut UU Nomer 35 tahun 2009, narkoba adalah sejenis zat atau obat yang berasal dari tanamam atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan,” ujarnya.

Menurutnya, narkoba sendiri memiliki berbagai jenis, diantaranya adalah heroin, ganja dan sabu-sabu.Heroin adalah sejenis opioid alkalaoid yang memiliki bentuk seperti kristal putih. Heroin memiliki efek samping bagi penggunanya yaitu dapat menimbulkan halusinasi yang berlebihan.

“Kalau ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun tanaman ini lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada biji buahnya. Zat ini dinamakan dengan tetrahidrokanabinol yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia yang berlebihan,” jelas Donni.

Sedangkan sabu-sabu adalah obat psikostimulansia dan simpatomimetik yang memliki efek samping bagi penggunanya seperti, hiperaktif, pupil melebar, kegelisahan, mulut kering, dan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

“Jadi narkoba juga mengandung berbagai zat seperti, stimulan, halusinogen, depresan dan zat adiktif. Zat stimulation, zat ini dapat membuat penggunanya lebih bertenaga untuk sementara waktu,” tuturnya.

Donni berharap, para orang tua dapat menjaga dan mengawasi pergaulan putra putinya dalam bergaul sehingga tidak terjerumus hal-hal yang terlarang .

“Peran orang tua dan lingkungan diharapkan berperan penting mengajarkan dan mengarahkan generasi muda sejak dini, agar selalu berbuat positif sehingga hal-hal negatif yang tidak kita inginkan bisa dihindari oleh anak-anak kita,” tambahnya.

Selain itu Donni juga mengatakan apabila di lingkungan masyarakat terdapat pengguna maupun pengedar obat-obatan terlarang agar segera ditindak lanjuti sehingga tidak menimbulkan penyakit masyarakat,” pungkasnya.

Irul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *