Polisi Ungkap Pencurian Uang ATM Dengan Alat Penjepit

MITRAPOL, Jakarta – Aparat Polres Metro Jakarta Barat kembali menciduk satu tersangka berinisial Z spesialis pencurian uang di ATM. Satu tersangka dapat ditangkap, dan dua pelaku lainnya R dan A berhasil melarikan diri. Berdasarkan pengembangan kasus pencurian uang di ATM bermodal alat penjepit dan pengait uang berhasil mengambil uang di ATM, saat bertransaksi dengan menggunakan ATM.

Kanit Reskrim Josman Harianja. SH, dan Panit Reskrim IPDA M.Basir. SH, atas perintah Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M. Marbun. SH.MH mengatakan, pihaknya melakukan pengejaran bersama warga. Salah satunya berhasil dibekuk, selanjutnya pelaku berikut barang bukti dibawa ke Polsek Kebon Jeruk untuk proses lebih lanjut.

Kanit Reskrim Josman Harianja. SH mengatakan, satu tersangka yang diamankan tersebut yakni Z . Kasus ini tergolong modus baru, tersangka dengan modus memasukan kartu ATM saat uang yang ditarik, dalam proses keluar untuk ditarik.

“Pelaku mematikan arus utama power listrik ATM, dengan alat stop kontak tambahan, sehingga kegiatan transaksi penarikan uang terhenti, sedangkan uang sudah berada dimulut ATM. Saat itu uang tersebut dikait dan dijepit, sehingga berhasil diambil para pelaku. Perbuatan pelaku dilakukan sejak sekitar jam 03.00 , hingga jam 21.00 WIB, secara bertahab sebanyak lima kali penarikan,”

Disebutkan, para pelaku pergi dan kembali ke tempat kejadian dalam kurun waktu tersebut. Perbuatan pelaku dicurigai oleh pemilik area ATM, dimana gerak gerik pelaku diketahui dalam rekamam CCTV, sangat mencurigakan.

“Apalagi dalam waktu sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi, dan bahkan sempat tertinggal alatnya. Karena kecurigaan tersebut, saksi Sdr.Samsuri menghampiri para pelaku yang kebetulan baru keluar dari ruang ATM, saat ditegur ditanya apa yang sedang dilakukan, para pelaku kabur,” jelasnya. Dikatakan tersangka kabur dengan kendaraan.

Lebih jauh dikatakan, dalam melakukan aksinya, ketiga pelaku berbagi peran, seperti mengalihkan perhatian korban, pengganjal mesin ATM, mematikan arus utama power listrik, mengambil uang dengan alat penjepit. Mereka biasanya mengincar mesin ATM yang berada di tempat sepi dengan lokasi tertentu saat beraksi.

 

 

Desi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.