Menjamurnya Pengamen Ondel-ondel di Jakarta

MITRAPOL, Jakarta – Hasil seni dan budaya Ondel-ondel adalah khas dari daerah Jakarta, dimana disitulah masyarakat asli kota Jakarta yakni Betawi, memiliki kesenian dan budaya yang beragam diantaranya Tari Topeng, Tradisi Palang Pintu dan Ondel – ondel.

Beda dahulu beda sekarang, mungkin di karena kan sepinya order manggung para senimannya atau bahkan mungkin telah di lupakan dinas terkait, salah satu atraksi ondel – ondel telah di jadikan acara ngamen di hampir seluruh penjuru Jakarta, dimana ondel – ondel tersebut di arak keliling di iringi musik, sambil anggota lainnya meminta uang di daerah yang di lewatinya, seperti terjadi di lingkungan menceng, kalideres Jakarta Barat, Sabtu (12/10).

“kami sih sebetulnya ikut prihatin akan keberadaan seni ondel – ondel,yang di jadikan ajang mengamen bahkan mengemis dari satu tempat ke tempat lainnya, ” ujar Wanto salah satu warga menceng.

“Namun, mau gimana lagi? Pihak Pemda, bahkan dinas terkaitpun tidak melarang kegiatan mengamen dengan cara menjual atraksi itu, padahal jujur saja, terkadang hal itu mengganggu ketertiban pengguna jalan, karena keberadaan ondel – ondel yang besar, keliling di antara jalan kampung, bikin macet kan? ” lanjutnya.

Ketika wartawan Mitrapol.com menghubungi pihak Dinas Pariwisata Pemda jakarta terkait berita ini, belum ada yang bisa menjawab dilematik peristiwa ini.

D’karta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.