Pagelaran Ya’ahowu Nias Festival 2018 Tinggal Hitung Hari, Sejauh Mana Kesiapan Panitia?

MITRAPOL, Nias Selatan — Ya’ahowu Nias Festival akan digelar pada 16-20 November 2018 terkonsentrasi dibeberapa titik wisata di bagian selatan kepulauan Nias. Ajang pariwisata yang masuk kalender pariwisata di Kementerian Pariwisata RI ini diperkirakan akan mendatangkan ribuan wisatawan, baik lokal maupun dari luar Nias, termasuk mancanegara. kepada wartawan Bupati Nias Selatan Dr Hilarius Duha, SH, MH, saat ditemui diruang kerjanya, di komplek perkantoran pwmerintah kabupaten Nias Selatan, Jl. Arah Lagundri, Km. 5, Kamis (10/10) menyebutkan kegiatan ini merupakan bagian dari target 1 juta wisatawan datang ke Pulau Nias hingga 2024, seperti dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata. “Ini bagian dari target 1 juta wisatawan datang ke Pulau Nias hingga 2024, seperti dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata”, jelasnya. Selanjutnya Hilarius mengatakan pihaknya tidak menyia-nyiakan moment itu. Hilarius juga mengungkapkan kegiatan itu menjadi penguatan modal kesatuan wilayah Kepulauan Nias untuk bersiap menjadi daerah otonomi baru, yakni Provinsi Kepulauan Nias. “Karena itu, momen Ya’ahowu Nias Festival ini tidak kami sia-siakan. Panitia dan semua pemangku kepentingan semua daerah di Kepulauan Nias bahu-membahu untuk menyukseskan acara tahunan ini. Ini juga sekaligus menguatkan modal kesatuan wilayah Kepulauan Nias untuk bersiap menjadi daerah otonomi baru, yakni Provinsi Kepulauan Nias,” ungkapnya.

Demi kesuksesan, seluruh sarana dan prasarana menyangkut kegiatan tersebut terus dipersiapkan dengan baik oleh panitia lokal. Berbagai moda transportasi dan akomodasi penginapan telah bersiap menyambut tamu. Hilarius menandaskan Ya’ahowu Nias Festival ini adalah ajang prioritas kebudayaan yang menjadi identitas seluruh ono niha (arti nama Nias) di empat kabupaten satu kota. “Acara Ya’ahowu Nias Festival 2018 ini adalah milik seluruh masyarakat Nias. Seluruh ono niha di mana pun adalah tuan rumah, terutama yang tinggal di daratan Pulau Nias dan pulau-pulau lainnya”, tandasnya.

Ditempat terpisah Ketua Panitia Ya’ahowu Nias Festival 2018, Sozanolo Ndruru yang juga Wakil Bupati Nias Selatan menyebutkan, perhelatan Ya’ahowu Nias Festival ini benar-benar digarap secara serius oleh panitia yang telah ditetapkan dan menjanjikan yang terbaik sebagaimana event nasional yang dilakukan daerah lainnya di Indonesia. “Kegiatan ini kan meneguhkan bahwa Nias tak kalah indah dari Bali, Lombok, dan tempat tujuan wisata lainnya di Indonesia. Beberapa mata acara kami laksanakan di Pantai Sorake dan Desa Bawomataluo. Kemudian, rangkaian festival kebudayaan akan bisa disaksikan di Lapangan Orurusa, Telukdalam, Nias Selatan. Bahkan pada acara pembukaan, panitia akan menampilkan 100 pelompat batu yang melompat secara simultan dengan berbagai atraksi dan gaya. Begitu juga dengan tari perang kolosal dengan 600 penari yang siap menghibur pengunjung.”, sebutnya.

Kota Gunungsitoli sebagai Penyangga

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Nias Selatan, Anggreani Dachi selaku Sekretaris Panitia Ya’ahowu Nias Festival 2018, menjelaskan semua tempat penginapan di Nias Selatan telah siap menampung para wisatawan. Bahkan, sejumlah rumah warga telah disulap menjadi homestay.

“Hotel-hotel di Kota Gunungsitoli juga telah siap menampung wisatawan yang tidak kebagian hotel di kota Telukdalam. Jarak Gunungsitoli dan Telukdalam hanya sekitar 120 kilometer, sekitar 2 jam perjalanan. Para wisatawan tak perlu khawatir soal kendaraan. Ada banyak mobil bahkan juga bisa ditempuh dengan sepeda motor, maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menambah jumlah flight dari Medan-Nias. Para pengunjung juga bisa terbang dari Padang-Nias”, jelasnya. Secara khusus, Anggreani menyampaikan undangan kepada diaspora Nias di mana pun berada untuk hadir meramaikan kegiatan ini dan diberi kesempatan memberikan masukan positif untuk pengembangan pariwisata Nias, terutama bagaimana mencapai target yang dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk mendatangkan 1 juta wisatawan di Kepulauan Nias.

Anggreani berharap, penyelenggaraan Ya’ahowu Nias Festival ini bisa menjadi salah satu tonggak mengangkat pariwisata Kepulauan Nias untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. “Buruan ya, kami tunggu Anda di Nias Selatan,” ujar Kadis yang sedang bergelut menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjananya ini.

Eman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.