Lewat Dunia Maya, Tarian Jaipong Mendunia

  • Whatsapp

MITRAPOL, Jakarta – Seni tari Jaipong yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, kini mulai banyak di gemari oleh masyarakat dunia, walau mereka hanya melihat via dunia maya, terbukti dengan rating yang meningkat di lihat lewat Peretas Youtube dengan 1.670.200 orang penonton,di seluruh dunia, Minggu (13/10).

Tarian yang awal mulanya berdasar pada tarian Ketuk Tilu, tari pergaulan rakyat Jawa Barat, dikemas cantik oleh seniman Gugum Gumelar asal Kota Bandung di era 1980 – 1990 menjadi tarian Jaipongan yang lincah dan energik jika ditonton.

Jaipong menjadi booming ketika penari Tati Saleh dengan Sanggar Tari Jugala, berhasil membuat kagum seluruh penonton dengan tari “Daun Pulus” nya, betapa energik tubuh penari disertai musik gendang yang mengikuti gerakan si penari.

“Kami rakyat Jawa Barat, seakan terangkat dengan tari Jaipong,” ungkap Bubun Bunyamin yang mantan Sekwilda di salah satu kota di Jawa Barat.

Apalagi, lanjut Bubun, ketika tumbuh sanggar tari Jaipong hampir di seluruh kota, tari Jaipong dijadikan pula sarana olah raga semacam gym oleh kaum ibu.

Sekarang, menurut pengamatan Mitrapol.com, tari Jaipong menjadi daya tarik tersendiri di kaum youtuber, terbukti tari Jaipongan mulai bangkit digalakkan di beberapa Kedutaan Besar RI diluar negeri.

D’Karta

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *