Wisata Taman Nasional Hutan Pinus Kebanggaan Warga Lebak

  • Whatsapp

MITRAPOL, Lebak – Selain Taman Nasional yang ada di Ibukota Jakarta, di Kabupaten Lebak pun tidak mau ketinggalan, seperti Taman Nasional Gunung Halimun Salak, karena di Kabupaten Lebak juga memiliki kawasan hutan pinus dan gua, yang di dalamnya begitu luas dan indah pemandanganya yang menjadi aset penting, yakni hutan lindung . Kawasan hutan lindung ini terletak di Desa Hegarmanah kecamatan cibeber kabupaten Lebak banten yang kini sedang dalam tahap awal dijadikan kawasan wisata alam berbasis nasional, Senin (16/10)

Wisata Taman Nasional Hutan Pinus Kebanggaan Warga Lebak2

“Hutan pinus dengan luas 250 hektar, sebenarnya merupakan pusat pembibitan unggul seperti kebun teh hijau yang menjadi tempat penelitian pelajar dan mahasiswa. Sudah pernah ikut loba di luar negeri alhamdulillah menjuarai 3 dunia, karna teh hijau menurut peneliti kedokter bisa menyembuhkan semua penyakit,” ujar Asep Mulyana, Kepala Desa Hegarmanah.

Hutan ini menjadi rumah bagi sekitar 5 jenis pohon asli dan endemik yang langka, 5 jenis tanaman. Tanaman langkanya, di antaranya pohon pinus,damar, pelawan, laban,meranti,mahuni, dan tidak ketinggalan kebun teh hijau bukan di puncak bogor saja tapi di lebak pun ada kebun teh.

Menggandeng Pusat Studi Desa di Indonesia, dan dibalai Penelitian Kehutanan yang ingin menjadikan sebagai wisata hutan pinus, sebagai upaya menjaga kelestarian hutan tropis dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Karena itu, tahun lalu pemerintah kabupaten Lebak telah meresmikannya sebagai kawasan obyek wisata, pantai sawarna.

Lanjut Asep mulyan selaku kepala Desa kedepan, mengembangkan kawasan hutan ini. Selain menanam pepohonan baru, juga membangun wahana-wahana wisata berbasis nasional. Yang sudah tampak saat ini adalah kolam pemancingan, area perkemahan, alam.

“Ini merupakan tahap awal dari penataan wisata hutan pinus. Ke depan, sarana di sini harus ditata lebih baik lagi, seperti pelebaran jalan menuju wisata karna yang sekarang jalan menuju wisata sangat sempit dan kami berharap kepada pemerintah Lebak agar bisa memperbaiki pelebaran jalan menuju wisata alam ini, sehingga bisa mendatangkan wisatawan untuk menikmati wisata hutan pitus alam yang ada kabupaten Lebak Namun begitu, tujuan akhirnya adalah bagaimana hutan ini lestari. Apa yang ada di dalamnya bisa tetap terjaga,” ujar Asep mulyana

Dan kami minta dukungannya dari pihak pemerinta kabupaten Lebak terutama kepada dinas pariwisata, agar menindaklanjuti pengembangan sarana pendukungnya dengan perencanaan dan pengelolaan yang dirumuskan dengan baik. Karena itu, dengan pengembangan yang demikian, Asep mulyan selaku kepala Desa hegarmanah pun mengharapkan agar semua elemen masyarakat turut serta bertanggung jawab dan menjaga dengan baik

Sebagai pengelola, akan melibatkan masyarakat yang ada di Desa hegarmanah seperti Ketua RT Edi , yang bisa di percaya bahwa pengembangan ke depan hutan pitus sebagai obyek wisata tidak akan lupa menggandeng warga setempat. Selain tetap melestarikan alam, masyarakat juga akan diajak berpartisipasi menyukseskan hutan pitus dan di dalamnya ada Gua yang begitu indah sebagai wisata edukasi.

“Asep mulyan akan fokus mengemasnya dan memberdayakan masyarakat di sekitar Desa hegarmanah seperti membangun jalan untuk sepedah gunung dan tempat berkemah sebagi wisatawanwan, atau juga kuliner kerajinan tangan seperti keranjang tempat membawa nasi yang dapat dijadikan buah tangan,” ujar Asep mulayan ke mitrapol com

Kepala Desa hagarmanah optimistis bila hutan wisata edukasi mampu dikelola dengan baik dan profesional, maka wisatawan akan dengan sendirinya datang dan kawasan wisata ini akan menjadi ikon wisata andalan kabupaten Lebak yang dipimpinnya.

A4N / soleh / APK

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *