Amukan Sungai Barumun Ancam Warga Sekitar

  • Whatsapp

MITRAPOL, Palas – Derasnya hujan membuat suangai Barumun mengamuk sehingga mengancam Desa yang ada di sepanjang sekitar sungai barumun.

Kades Tapian Nauli, Sapri Siregar mengatakan, derasnya arus sungai Barumun karena derasnya hujan yang turun akhir-akhir ini.

“Di musim hujan seperti ini membuat arus sungai Barumun tinggi dan deras sehingga tanggul ataupun baronjong yang dibangun oleh pemda sebagian tidak berfungsi akibat sungai tersebut berpindah-pindah, juga tidak tertutup kemungkinan dapat membahayakan warga Desa yang ada di sekitar sungai Barumun hususnya Desa Tapian Nauli,” ujar Kades, Minggu (14/10).

Hal tersebut juga dapat melumpuhkan mata pencarian para petani yang sebagian besar diliri air sungai Barumun.

“Juga melumpuhkan mata pencaharian para petani pekebun dan petani sawah yang di air i oleh sungai barumun, apalagi yang berada di dekat sungai barumun jelas sudah terseret dan diterjang olehnya dan tak bisa di gunakan lagi karena sungai sering berpindah-pindah,” imbuhnya.

Sapri berharap Pememerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara dapat memperhatikan kondisi desanya.

“Harapan saya Pemkab Padang Lawas,  Provinsi Sumatera Utara serta Pemerintah Pusat supaya dapat memperhatikan sungai Barumun ini sebelum ada merenggut jiwa nantinya. Juga bagi semua lapisan masyarakat utamanya bagi yang punya lokasi disekitar sungai barumun supaya sama-sama mendukung kalau seandainya ada perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk pembangunan sungai barumun ini,” tutup Kades. 

MS. HASIBUAN

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *