Tradisi Minuman Wine di Beberapa Negara

MITRAPOL, Jakarta – anda pernah mendengar minuman wine ?, Ya benar Wine,.? Wine adalah minuman jenis prementasi dari buah anggur yang di endapkan dalam waktu yang lama.

Wine adalah minuman yang diminati oleh beberapa masyarakat dunia khususnya wilayah Eropa dan sekitarnya, Sabtu (20/10).

Wine sudah jadi minuman berbagai bangsa sejak ribuan tahun lalu. Tapi, fermentasi buah anggur ini punya nama dan cara minum yang berbeda-beda di tiap negara, Adat budaya negera yang mengkonsumsi minuman alkohol jenis wine, banyak bervariasi menikmati.

Contoh di Negara France Wine yang mengandung alkohol tak asing lagi bagi orang Prancis. Orang Prancis bahkan memberikannya untuk anak yang baru lahir. di daerah Champagne, wine diberikan sebelum anak tersebut mencicipi ASI.

Wine yang mereka berikan untuk anak-anak mereka adalah wine berwarna pink yang sedikit berbuih. Mereka memperkenalkan wine sejak dini karena para orang tua ingin agar anak-anak mereka bisa membedakan ragam wine jika sudah besar nanti.

Lain hal dengan negara’ frances, Spanyol menikmati wine dengan mencampurkan lemon atau cola ,

Negara ini terkenal banyak memproduksi wine dan sparkling wine seperti anggur putih frizzante yang disebut Cava, Minuman ini dicampur lagi dengan soda atau gaseosa dengan rasa lemon atau cola

Cara orang Spanyol menikmati wine juga unik, ada yang namanya Porron, Botijo, dan Bota de Vino. Porron adalah wadah kaca dengan corong panjang. Botijo mirip dengan kendi bercorong pendek dan terbuat dari tanah liar, serta bota de vino adalah kantung berbentuk lengkungan dari kulit.

Ada juga sangria, minuman perayaan dari Spanyol yang mengandung red wine, potongan buah, gula, dan brandy. Rasanya mirip punch.

Beda di frances dan Spanyol dinegara, di Georgia, wine akan hadir pada setiap perhelatan yang formal, Mereka senang untuk mengadakan wine toastmasters sambil bersenang-senang. Acara wine toast ini disebut dengan tamadas.

Budaya tamadas ini sudah mendarah daging bagi orang Georgia dan sudah ada sekitar 150 jenis tamadas yang pernah ada di Georgia.

Sepertinya Austria punya cara yang elegan untuk menikmati wine khas daerahnya. Gluhwein, adalah minuman dengan campuran wine, lemon, batang kayumanis, cengkih, pekak, dan rempah lainnya.

Bahkan ada juga yang menambahkan vanilla dan rum agar rasanya lebih kaya. Budaya menyesap gluhwein ini sudah mereka lakukan sejak tahun 1800-an. Apalagi, saat dimana Austria sedang dingin-dinginnya.

Wine tak mendapat perlakuan yang sama di tiap daerah, ada negara yang menganggap wine minuman biasa, ada juga yang menganggapnya sebagai minuman sakral. Nah itulah sedikit penjelasan tentang minuman berjenis wine,? Bagaimana menurut anda ???. ( Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.