Menag Targetkan Akhir 2018 Seluruh Kanwil Kemenag Miliki PTSP

MITRAPOL, Kalteng – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menargetkan hingga akhir tahun 2018, seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di 34 provinsi di Indonesia sudah memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Hal ini ditegaskan Menag Lukman saat meresmikan PTSP Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah (kalteng) di Palangka Raya, Selasa (23/10).

“Saya memang menargetkan hingga akhir tahun ini tidak ada satu pun Kanwil Kemenag yang belum memiliki PTSP. Harapannya di awal 2019 Kantor Kemenag kabupaten/kota juga sudah mulai mendirikan PTSP,” tegas Menag Lukman Hakim.

Menurut Menag pendirian PTSP yang menjadi program unggulan Kementerian Agama adalah sesuatu hal penting di tengah perubahan zaman yang semakin cepat.

“Dengan pendekatan online di PTSP Kemenag tidak hanya dapat mendekatkan pelayanan kepada mayarakat namun juga memberikan kepercayaan kepada umat beragama,” ujar Menag.

Diceritakan Menag, dulu hanya untuk mendapatkan informasi yang sebenarnya merupakan hak publik, masyarakat harus di ‘ping pong’ ke sana ke mari, dari satu meje ke meja lain.

“Kadang-kadang di satu meja lalu kemdudian ada sesusutu yang ditinggalkan di meja dan itu menimbulkan fitnah dan dapat mengangu irama kerja dari Kementerian Agama, ” tandas Menag.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah merupakan PTSP ke-16 yang sudah beroperasi di Kanwil Kementerian Agama.

Dalam kunjungan kerjanya ke Palangka Raya, Menag Lukman juga meresmikan peningkatan status STAHN Tampung Penyang menjadi Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) dan menjadi menjadi keynote speech pada Seminar Nasional ‘Menangkal Radikalisme dan Intoleransi’ di kampus IAHN-TP Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Selain itu Menag juga memberi kualiah umum di IAIN Palangka Raya dan berdialog dengan mahasiswa dilanjutkan dengan memberikan pembekalan ASN di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palanka Raya sebelum bertolak ke Jakarta pada Selasa siang.

red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.