Menkeu Ajak Pegawai Jelaskan Keuangan Negara Lewat Medsos

MITRAPOL, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh pegawainya menjelaskan Pengelolaan Keuangan Negara kepada masyarakat melalui media sosial. Menurutnya, pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai bagian dari pengelola keuangan negara harus memiliki kebanggaan dan ikut menyebarluaskan di media sosial bagaimana kebijakan keuangan negara tersebut dilakukan.

“Saya harap Anda semua yang bermedia sosial bangga, bukan bagian orang yang tidak bangga, karena kalau Anda tidak yakin dengan pekerjaan Anda bagaimana Anda meyakinkan seluruh masyarakat Indonesia pentingnya keuangan negara itu?,” ujar Menkeu dalam acara Bijak Ber-Media Sosial di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Selasa (23/10).

Menkeu menegaskan bahwa Keuangan Negara adalah uang rakyat yang harus dikelola dengan baik dan transparan. Oleh karena, itu pegawai Kemenkeu harus bisa menjelaskan bagaimana mereka mengelola APBN diantaranya melalui media sosial.

“Berapa penerimaan kita dari pajak, bea cukai, PNBP. Berapa belanja kita keluarkan untuk gaji, belanja barang, serta berapa transfer ke daerah, pembiayaan. Kita sampaikan dengan transparan, profesional, dan sungguh-sungguh. Itu bagian dari transparansi dan akuntabilitas publik,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menkeu menghimbau para pegawai untuk terus meningkatkan pengetahuannya di bidang Keuangan Negara untuk kemudian memanfaatkan perkembangan tekonologi dan media sosial dalam mempublikasikannya kepada masyarkat. Menkeu juga berharap terutama kepada para generasi milenial yang memiliki kreatiftias untuk memahami substansi dan terus memperbaiki cara berkomunikasi.

“Jadi teknologi dan media sosial memberikan kesempatan untuk kita bertransformasi menjadi pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.