Jambi Kini Miliki Enam Balai Nikah dan Manasik Haji

oleh

MITRAPOL, Jambi – Enam kantor Urusan Agama (KUA) yang direvitalisasi menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji kini sudah ada di Provinsi Jambi. Keenam balai nikah dan manasik haji itu diresmikan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Peresmian berlangsung di Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, ditandai dengan penandatanganan prasasti. Bersamaan dengan itu, diresmikan juga Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Jambi.

Kasi Pemberdayaan KUA, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Syahriyadi mengatakan bahwa balai nikah dan manasik haji ini dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Enam Balai Nikah itu ada di KUA Sungai Manau, KAU Pamenang, KUA Tabir Ulu, KUA Tabir, KUA Pamenang Barat, dan KUA Batang Masumai,” terangnya di Jambi, Kamis (25/10).

Menurutnya, di Provinsi Jambi terdapat 132 KUA. Hingga saat ini, baru sekitar 11 KUA yang mendapat program pembiayaan SBSN, enam di antaranya adalah yang diresmikan hari ini.

Syahriyadi berharap akan lebih banyak lagi KUA yang direvitalisasi menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji. Dengan demikian, pelayanan di KUA akan semakin baik lagi.

Sejak 2015, Kementerian Agama terus menggencarkan program revitalisasi KUA menjadi Balai Nikah dan Manasik Haji. Total sudah ratusan KUA yang dibangun melalui skema pembiayaan SBSN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *