Satpol PP Nunukan Dilibatkan Awasi TKI

oleh

MITRAPOL, Nunukan kaltara, Drs Abdul Kadir kepala Satuan Polisi Pamong Praja (satpol pp) dilibatkan dalam pengawasan TKI dikompleks Rumah Susun Warga (Rusunawa).

Menurut Abdul kadir bahwa tugas dan fungsi Satpol pp adalah “membantu Kepala Daerah untuk menciptakan suatu Kondisi daerah agar tentram tertib serta teratur, sehingga penyelenggaraan Roda Pemerintahan dapat berjalan dengan lancar, sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatanya dengan aman,“ ungkap Kadir

Disamping itu kata Kadir bahwa satpol pp diberikan tugas menegahkan peraturan daerah (Perda) juga dituntut menegakan kebijakan pemerintah daerah dan peraturan kepala daerah.

Satpol pp Nunukan diberikan tugas tambahan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) yakni sebatas mengawas,mengawal, di penampungan TKI yakni di rumah susun Warga (rusunawa) dikampung Buton Nunukan Selatan.

Utamanya Satpol pp saat TKI yang di defortasi Negara Malaysia, TKI saat tiba dipelabuhan kita jemput diantar sampai dipenampungan rusunawa selama 5 hari mereka ditampung, tiap kamar 5 orang fasilitas memadai seperti air bersih, makan kita beri, olahraga setiap hari, pelayanan semaksimal mungkin karena TKI yang baru didefortasi otomatis sebagian orang pikiranya masih defresi karena mengalami tekanan selama dalam penjara di Malaysia bayangkan ada 5 bulan bahkan ada yang 1 tahun mendekam dalam pagar besi yag begitu ketat didalam penjara.

Bermacam – macam kasus ada yang tidak punya dokumen ada yang punya dokumen tapi sudah habis masa ijin tinggalnya ada yang lahir di Malaysia dan selama ini tidak perna mengurus dokumen bahkan tidak sedikit yang terlibat dalam kasus Narkotika, olehnya satpol pp diberikan tugas oleh BP3TKI untuk memberikan materi pembinaan dasar.

Selain Tugas satpol pp yakni pengawasan pengawalan jangan sampai TKI melarikan diri selama 5 hari, TKI diberikan Materi pemahaman bagaimana menjalani TKI yang prosedural.

Setelah 5 hari dipenampungan kalau tidak ada keluarganya datang mengambil, menjamin maka TKI tersebut dipulangkan kedaerah asal masing masing dengan biaya dan tanggungjawab BP3TKI, setelah pengiriman kedaerah asal maka Satpol pp Nunukan turut mengantar sampai TKI benar benar diatas kapal dan setelah itu kami kembali kepenampungam untuk mengawasi TKI yang masih ada.

Pengawasan dan pengawalan Satpol pp dibagi 2 shift yakni shift Siang dan Shift Malam kita jaga bersama anggota TNI dan Polri kata kadir mantan sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan.

Yusup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *