150 Mahasiswa IAIN Lampung Ikuti Latihan Kepemimpinan

oleh
150 Mahasiswa IAIN Lampung Ikuti Latihan Kepemimpinan

MITRAPOL, Metro Lampung – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Lampung menggelar pelatihan Kepemiminan Organisasi Kemahasiswaan. Acara ini diikuti 150 mahasiswa. Mereka berasal dari perwakilan Organisasi Kemahasiswaan, di antaranya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), Senat Mahasiswa (Sema) dan Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (Ikabim) IAIN Metro.

Pelatihan ini berlangsung di Gedung Serba Guna IAIN Metro, 27 – 28 Oktober 2018. Selaku narasumber, Kepala Seksi Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Metro Ida Umami, serta pakar motivasi manajemen kepemimpinan Eko Susanto.

Ruchman mengatakan, pimpinan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam harus memahami dengan baik masalah-masalah kebangsaan yang berkembang. Salah satunya tentang maraknya radikalisme dan intoleransi serta politisasi agama.

“Kepekaan mahasiswa akan situasi dan kondisi bangsa mutlak diperlukan, agar kalian tidak menjadi intelektual di menara gading,” kata Mantan Ketua I Senat Mahasiswa IAIN Walisongo ini.

Ruchman menegaskan Pimpinan Ormawa PTKI harus membekali dirinya analisis sosial, di samping kapasitas politik kebangsaan untuk menajamkan perannya di masyarakat. “Saat ini marak penggunaan idiom-idiom agama untuk kepentingan politik praktis, mahasiswa jangan terjebak ke sana”, kata Ruchman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Metro Ida Umami berharap Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa ini dapat memacu semangat progresivitas mahasiswa. “Di Hari Sumpah Pemuda ini kita jadikan momentum untuk bangkit dan memacu semangat progresivitas dan kreativitas kalian sebagai pimpinan mahasiswa”, kata Ida.

Ida mengharapkan agar pelatihan kepemimpinan ini akan melahirkan calon-calon pemimpin generasi milenial yang memiliki kekuatan spiritual dan mental dalam menjaga, mengisi serta memgang estafed kepemimpinan bangsa.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) IAIN Metro Lutfi Hakim menyampaikan rasa terimakasih kepada Kementerian Agama yang telah memfasilitasi kegiatan ini melalui Bantuan Lembaga Kemahasiswaan tahun anggaran 2018. Luthfi Hakim berharap kegiatan ini bisa melahirkan mahasiswa yang mempunyai skill kepemimpinan, keorganisasian, keterampilan dan kecakapan dalam memanage mahasiswa. “Memenej mahasiswa tidak gampang dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan serta keteladanan”, kata Luthfi.

Pada tahun anggaran 2018 Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Kelembagaan Islam Ditjen Pendidikan Islam telah menyalurkan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan pada 55 PTKI untuk mensupport program-program dan kegiatan kemahasiswaan, khususnya dalam hal menebarkan pemahaman Islam yang moderat.

red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *