Isu Papua Kekinian Dan Solusinya Oleh Hendrik Yance Udam, Ketua Umum DPN GERCIN

oleh
Hendrik Yance Udam, Ketua Umum DPN GERCIN

MITRAPOL, Papua – Pemerintah, TNI dan Polri di Papua harus pro-aktif membina dan membesarkan organisasi-organisasi pro NKRI sebab merekalah yang diberikan kewenangan, dana/ logistik untuk mengendalikan keamanan di Papua,  dan turut serta meningkatkan kesejahteraan orang Papua dalam bingkai NKRI

Isu-isu Pro NKRI harus tetap terus dijalankan, sehingga  selalu ada opini publik yang baru untuk ditanamkan dalam generasi muda Papua .

Sebab idiologi Papua merdeka ini konsolidasi isunya sudah sangat masif dikalangan generasi muda,  dan masyarakat Papua, bahkan go Internasional.

Kalau Pemerintah,TNI dan Polri tidak melakukan pembinaan kepada organisasi-organisasi pro NKRI hal ini akan berdampak buruk kedepan, disaat situasi politik Papua meledak akan sangat susah bagi Pemerintah, TNI dan POLRI untuk merangkul kembali organ-organ tersebut untuk bersinergis dengan  TNI dan Polri.

Untuk itu Kita harus waspadai Internasionalisasi isu-isu Papua merdeka di luar Negri. Kejadian di Lany Jaya dan di Puncak Jaya dan beberapa daerah di Papua menyangkut isu-isu Papua adalah dugaan bagian dari Internasionalisi isu-isu Papua merdeka di luar negri dimana aparat penegak hukum TNI dan Polri di salahkan karena pengkondisian pasukan di wilayah Pegunungan Tegah.

Isu Papua merdeka juga mendapat dukungan dari elit-elit politik Nasional yang bersebrangan dengan  kebijakan Jokowi. Salah satu contoh mantan ketua MPR RI Prof Doktor Amin Rais dalam beberapa stetemennya mengatakan bahwa lebih baik Papua di merdekakan saja hal Ini adalah merupakan pintu masuk untuk gerakan Papua merdeka tumbuh Subur di Papua dan di Luar negeri.

Bangkitnya  Komite Nasional Papua Barat dalam kongres keduanya di Papua beberapa hari yang lalu adalah merupakan bukti bahwa mereka cukup solid dan tetap terus memelihara idiologi mereka untuk keluar dari NKRI dan saya melihat bahwa ada dugaan kelalain BIN ( Badan Intelegen Negara) Papua untuk mendektesi gerakan-gerakan tersebut dan memberikan laporan serta dilakukan langkah-langkah Preventif dalam membubarkan kelompok tersebut yang bertentangan dengan NKRI.

Situasi Politik bangsa lagi gaduh menuju Pilres 2019 hal Ini pula adalah merupakan pintu masuk yang cukup besar untuk dapat mengelola isu-isu Papua merdeka keluar dari NKRI.

Salah satu Persoalan Papua adalah Persoalan Idiologi NKRI dan Papua merdeka, hari Ini Pemerintah pusat dengan segala daya dan upaya strategis untuk memajukan Papua dengan Pembangunan Infrastruktur dan sebagainya namun persoalan Idiologi bagsa belum tuntas di Papua maka akan begitu sulit untuk meng-Indonesia kan OAP di Papua dalam bingkai NKRI.

Oleh sebab Itu kehadiran kami jangan dianggap remeh dan dipandang sebelah mata dalam pergerakan politik kedepan, sebab kehadiran GERCIN adalah murni kekuatan rakyat yang di bentuk oleh anak bangsa sebagai mintra starategis Pemerintah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa yang sangat komplek.

Kekerasan-kekerasan di Papua tidak dapat menyelesaikan persoalan-persoalan Papua yang begitu komplek,  namun akan menimbulkan kekerasan baru, OAP harus berjuang dengan cara yang elegan yaitu berprestasi dalam dunia pendidikan, berprestasi dalam dunia olahraga dalam segala bidang, berprestasi dalam bidang bisnis, politik dan organisasi sosial budaya serta merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari kesehatan dan lain-lainya.

 

 

Desi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *