Kapolda Sumatera Utara Kunjungi Wilayah Polres Nias Selatan

oleh

MITRAPOL, Nias Selatan – Kapolda Sumatera Utara Irjend Pol. Drs. Agus Andrianto, SH., dan Ibu Ketua Bhayangkari daerah Sumatera Utara Evi Agus Andrianto bersama pejabat utama Polda Sumatera Utara beserta rombongan kunjungi wilayah Polres Nias Selatan, Selasa (6/11). Acara penyambutan dilaksanakan dihalaman Mapolres Nias Selatan, Jalan Mohammad Hatta, Telukdalam. Hadir dalam acara itu para pimpinan daerah kabupaten Nias Selatan, seluruh pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, para undangan, Lsm dan pers.

Dalam laporannya, Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Napitupulu, SH., MH., mengatakan bahwa kunjungan kerja Kapolda merupakan kehormatan besar terhadap Polres Nias Selatan bahkan juga kehormatan besar terhadap seluruh warga masyarakat Nias Selatan. Faisal juga menjelaskan luas wilayah Nias Selatan yang luasnya separuh wilayah kepulauan nias. “Empat kabupaten kota di kepulauan nias sama luasnya dengan wilayah Nias Selatan”, jelas Faisal.

Lanjut Faisal, sehubungan luasnya wilayah kabupaten Nias Selatan warga mengharapkan penambahan kantor-kantor Polsek. “Warga mengharapkan penambahan kantor2 polsek di wilayah Nias Selatan yang terdiri dari 35 kecamatan”, ujarnya menyampaikan harapan masyarakat.

Faisal juga menyebutkan bahwa tingkat tindak criminal di daerah yang tinggal menghitung hari akan menggelar Yaahowu Nias Festival itu telah berkurang sehingga membuat warga Nias Selatan sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian. Pendekatan terhadap masyarakat terus dilakukan oleh pihak Polres Nias Selatan dengan cara mendatangi peloso-pelosok dengan naik sepeda motor trail dan kadang meninggalkan sepeda motor karena medan yang tidak bersahabat mewajibkan jalan kaki. Hal itu Polres lakukan demi menciptakan pendekatan dalam rasa kekeluargaan dengan warga. Bahkan pendekatan pendekatan terhadap komunitas masyarakat seperti tukang becak dan panti asuhan terus dibangun oleh Polres Nias Selatan

Tokoh agama Haji Sulaiman selaku ketua MUI meminta kepada Kapolda agar dapat menambah personil kepolisian di Nias Selatan sehubungan Nias Selatan memiliki wilayah yang sangat luas. Ketua FKUB Alfius Wau dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya sebab Kapolda baru-baru ini telah menerima lima orang putra terbaik Nias Selatan serbagai anggota Polri. Selain itu ia juga berterimakasih kepada Kapolres yang agresif dalam pemberantasan narkoba terbukti Polres Nias Selatan berhasil melakukan pembakaran lahan ganja di salah satu wilayah di Nias Selatan. Sambutan Ketua DPRD kabupaten Nias Selatan Sidi Adil Harita menyampaikan.

bahwa peran polisi yang dekat dengan masyarakat membuatnya bangga. Menurutnya segala upaya yg dilakukan oleh Polres sangat luar biasa. “Kami berat melepas kapolres karena baru 10 bulan di Nias Selatan tapi kami menyadari keputusan pimpinan merupakan keputusan yang sangat baik terlebih menyangkut karir”, ujarnya. Hal itu Sidi Adil singgung sehubungan mutasi jabatan Kapolres Nias Selatan.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi kondusif dan terkendali selama kepemimpinan Kapolres Nias Selatan. Selanjutnya Hilarius mengungkapkan Kerjasama dengan Forkopimda selama ini membuat keberhasilan dalam berbagai aspek di Nias Selatan.

Dalam arahan dan bimbimgannya Agus Andrianto menegaskan “Dalam penegakkan hukum didahului upaya persuasive, namun jika upaya persuasive gagal maka baru dilakukan upaya penegakkan hukum”, tegasnya. Hal tersebut ia tegaskan karena Polisi adalah pelayan masyarakat. Untuk itu ia menekankan agar personil kepolisian agar membei pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat.

 

Reporter   : Eman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *