Jajaran Polda Lampung Laksanakan Shalat Jumat Berjamaah di Masjid Al-Ikhlas

oleh

MITRAPOL, Lampung – Personil Polda Lampung melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Polda Lampung. Jum’at merupakan hari berkah, yang artinya Jum’at itu penuh kebaikan dan keutamaan.

“Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT,” kata Kabag Watpers SDM Polda Lampung AKBP Tri Suhartanto, S.Ik., mendampingi Karo SDM Polda Lampung Kombes Pol Novian Pranata, Jum’at (9/11/2018).

Khutbah Jum’at kali ini, diisi dari Departemen Agama (Depag) Provinsi Lampung yaitu, Drs. Imron.

Dengan judul khutbahnya, “Taat dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT dan juga sabar dalam menghadapi cobaan yang Allah SWT berikan kepada hambanya”, sebagai ujian (dan mengerjakan solat, sesungguhnya Allah SWT bersama orang-orang yang sabar) artinya Allah SWT selalu melimpahkan pertolongannya kepada mereka Orang-orang yang sabar.

Imrom, menyampaikan dalam khutbahnya, sholat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang wajib dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam. Namun masalahnya adalah, kenapa umat Islam sangat berat untuk melaksanakan sholat, padahal sholat itu perintah bagi umat Islam yang harus diamalkan setiap hari, apa sebabnya. Penyebabnya adalah, umat Islam kurang sabar dalam ujian yang diberikan Allah SWT dan kurang bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan.

“Oleh karena itu solusi yang terbaik adalah, minta pertolongan, memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberikan kesabaran dalam ujian yang kita hadapi, kita belajar tawakal, pasrah, atau kona’ah, jangan sampai kita meninggalkan kewajiban kita, yang telah diwajibkan oleh Allah SWT kepada kita, hanya di sebabkan dengan kemiskinan, kekurangan, atau cobaan yang menimpa para diri kita, apa lagi meninggalkan ibadah sholat,” jelas Imron.

Lanjutnya, kadang kita salah pengertian, salah memahami tentang kekayaan, tentang kebahagiaan. Padahal kebahagiaan, ketenangan jiwa itu, tidak menjamin dengan adanya pangkat dan jabatan, namun kebahagiaan, ketenangan jiwa itu, ada pada konaah atau menerima apa yang sudah diberikan Allah kepada kita. “Oleh karena itu, Mari kita banyak banyak bersabar, dalam mengamalkan kewajiban kita sebagai umat Islam,” tambahnya.

Diakhir khutbahnya, Imron menyampaikan, akan makolah dari Hasan Al basri.R.A., yaitu;

Yang pertama; sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan itu, bukan adanya harta, bukan adanya pangkat dan jabatan. Tetapi kebahagiaan itu ada di dalam konaah, ridho dengan kepastian Allah hatinya tenang tidak gelisah ketika dalam kesusahan atau kesulitan hidup.

Yang ke Dua; bahwasanya keselamatan itu ada di dalam uzlah atau keluar dari kebiasaan yang buruk meninggalkan perkara yang sia sia atau yang mudah kita mengerti, adalah bertaubat kembali kejalan yang benar.

Yang ke Tiga; sesungguhnya kemuliaan, kehormatan atau keagungan itu, ada di dalam menjaga syahwat keinginan atau meninggalkan kenikmatan yang sesat.

Yang ke Empat; sesungguhnya kenikmatan itu ada pada hati atau masa yang panjang, yaitu kenikmatan di akhirat.

Dan yang ke Lima; sesungguhnya kesabaran itu ada pada hari yang singkat, yaitu di dunia.

 

Wawan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *