Kontrak Karya PT. Freeport Indonesia, Gerakan F-PHS TSINGWAROP Guncang Dunia

oleh

MITRAPOL, Jayapura – Forom Pemilik Hak Sulung (F-PHS) di wilayah kontrak karya PT. Freeport Indonesia di tiga kampung Tsinga, Waa atau Banti dan Aroanop (Tsingwarop)

Bertempat di Rumah Kopi Kota Raja Provinsi Papua, Jafet B Mangah Ketua Forum Pemilik Hak Sulung mengadakan konfrensi pers dengan beberapa media. Sabtu (10/11/2018).

Jafet B Mangah mengatakan bahwa lembaga yang sudah bentuk itu membawa seluruh masyarakat TSINGWAROP dengan tujuan untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan Freeport atau inalum supaya mencari solusi untuk kesekepatan-kesekepatan dengan mereka, masalah keamanan, kita juga sudah bicara dengan kedubes, juga kita bicara masalah keamanan masalah perpanjangan kontrak 2021.

FPHS Tsingwarop melakukan Pertemuan dengan Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua tanggal 09 November 2018 di Kantornya Kota Raja Jayapura, dalam hal ini kami ingin menjelaskan secara langsung kepada beliau tentang beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan selama ini.

Forum Pemilk Hak Sulung merupakan satu forum yang terbentuk setelah ada hasil kajian Ilmiah tetang Pemetaan Hak Ulayat yang dilakukan oleh Team Universitas Cendrawasih, dan kami merupakan reperesentasi dari Masyarakat Papua dan terlebih khusus masyarakat 3 kampung (Tsinga, Waa/Banti dan Arwanop) yang hak-haknya terabaikan dan terjadi pelanggaran terhadap 10 lebih aturan diantaranya (Adat, Agama, Pancasila, UUD 45, UUPA, Peraturan Kehutanan, UU Minerba, UU Otsus Papua, Peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Konvensi ILO 169).

Dengan Demikian kami team akan meminta waktu pertemuan dengan beliau mudah-mudahan ada waktu dalam kesibukan beliau di Jayapura.

 

Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *