35 Kelompok Tani Merauke Terima Bantuan Alsintan

by -43 views

MITRAPOL, Merauke – Anggota Komisi IV DPR-RI, H. Sulaeman L Hamzah menyerahkan bantuan alat mesin pertaian (alsintan) berupa hand traktor bagi 35 kelompok tani di Kabupaten Merauke, Senin (12/11).

“Pembagian alsintan ini sebagai bukti bahwa saya memenuhi kewajiban sebagai anggota DPR sebagai wakil rakyat. Usulan yang pernah saya terima dan diajukan ke tingkat pusat dan Alhamdulillah peralatan ini bisa sampai di tempat ini,” tutur Sulaeman Hamzah di UPT Pertanian Wasur.

Guna menghindari sorotan pedas di tahun politik, dalam pembagian alat tani tersebut, hadir pula Ketua Bawaslu Merauke, Oktavina Amtob untuk menyaksikannya. Dijelaskan, alat tani yang dibagiakan itu murni hasil aspirasi masyarakat bukan karena politik.

Berikut, para kelompok tani dimita lebih hati-hati pada penggunaannya, karena sudah beberapa unit bantuan alsitan sudah ditarik kembali karena disalahgunakan.

“Alsintan yang dibagikan mereka gunakan untuk mencari kayu, ini salah besar. Saya minta supaya kelompok yang ada, kalau penggunana alat tidak sesuai, sebaiknya mundur dari sekarang,” tegasnya.

Lanjut dia, tujuan mulia ini bukan mengada-ada, tetapi dari Presiden Jokowi sendiri mengharuskan Merauke akan menjadi lumbung pangan nasional dan sebagai uji coba sudah disebarluaskan peralatan pertanian untuk bisa dimulai. Diharapkan peralatan ini harus dirawat dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Kesempatan yang sama dibagikan buku kinerja DPR-RI sebagai bentuk pertanggungjawaban anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem. Diserahkan ke Ketua Bawaslu dan Wakil Rektor Universitas Musamus (Unmus) Merauke, ibu Irene.

Pihak Unmus dilibatkan karena pernah mendapatkan bantuan alsitan dari Anggota DPR-RI yang diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan pertanian sebagai kelengkapan praket.

 

AdM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *