Gubernur Sumsel Minta Maaf Kepada Wartawan

MITRAPOL, Sumsel – Duduk leseha bersama awak media Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dengan insan pers di depan Kantornya dijadwalkan Selasa (13/11) pukul 12.00 WIB ternyata batal. Pasalnya, Gubernur Herman Deru telah bertemu dan meminta maaf kepada wartawan yang melakukan aksi damai di kantornya sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua Bidang Advokasi/Pembelaan Wartawan PWI Pusat, H. Ocktap Riady mengatakan, pertemuan tersebut digelar terkait arogansi pengawal pribadi (walpri) Gubernur Herman Deru yang menantang seorang wartawan untuk berkelahi di salah satu mal pada Sabtu (10/11) lalu.

“Gubernur (Herman Deru) duduk bersila bersama wartawan. Gubernur sudah meminta maaf dan menganggap wartawan sebagai saudara, bahkan keluarga,” ungkap H. Ocktap Riady, Selasa (13/11).

Ketua PWI Sumsel dua periode itu mengatakan, telah tercapai kesepakatan dan saling memaafkan antara birokrat dan wartawan. “Wartawan minta (Gubernur Herman Deru) benahi protap pengamanan (saat proses peliputan). Wartawan juga diminta membenahi diri terhadap atribut pers,” ungkapnya.

Terkait tempat pertemuan yang berubah, di Kantor Gubernur Sumsel dan bukan di Griya Agung, dipilih sesuai kesepakatan tiga organisasi profesi pers, yakni PWI Sumsel, AJI Palembang, dan IWO Sumsel. “Karena aksi Senin kemarin (12/11) tidak tercapai (bertemu gubernur), protokol (Pemprov) menjadwalkan ketemunya di Griya Agung, Selasa (13/11). Kesepakatan tiga organisasi pers maka bertemu (hari ini) di kantor gubernur saja,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Herman Deru memohon maaf atas insiden yang melibatkan walprinya itu. “Saya mohon maaf atas segala ketidaknyamanan ini dan menjadi koreksi untuk semua. Saya marah (kepada walpri) tapi tidak di depan wartawan dan publik,” ungkap Herman Deru di hadapan wartawan.

Gubernur juga mengingatkan seluruh pejabat, tidak ada batasan antara wartawan dan dirinya. “Saya tekankan bahwa tidak ada batasan untuk dapat meminta keterangan dari saya,” imbaunya.

 

Adri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.