Ibu dan Anak Penjual Buku Nikah Palsu Berhasil Dibekuk Polisi

MITRAPOL.com, Jakarta – Polisi berhasil melakukan penangkapan terhadap dua orang yang merupakan ibu dan anak penjual Buku Nikah palsu di Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/11/2018).

Dua orang tersebut berinisial BS (50) dan SLH (30) yang menjual buku nikah palsu dan diedarkan di wilayah Koja, Jakarta Utara. Mereka diringkus aparat Polsek Koja setelah mendapat laporan dari warga terkait buku nikah abal-abal tersebut.

Kapolsek Koja, Kompol Budi Cahyono menerangkan bahwa dari hasil pemeriksaan ibu dan anak itu sudah melakukan aksinya sejak almarhum suami (mantan pegawai KUA Cilincing) meninggal sejak 2017 lalu. “Kita amankan pada Jumat 9 November sekitar jam 23.00 WIB atas dasar aduan warga di unit layanan SPK kami. Setelah ditelusuri ada delapan buku nikah palsu dari KUA Cilincing dan Koja yang mereka sudah edarkan.

Mereka memalsukan dokumen penting itu demi keuntungan pribadi. Mereka menjualnya Rp 170 ribu per buku,” terangnya.

Diketahui BS & SLH mendapatkan buku nikah dari seorang oknum berinisial AN yang merupakan rekan Ustadz berinisial L di Kalibaru untuk menikahkan konsumennya yang kebanyakan merupakan duda atau janda. “Satu pasang buku nikah dihargai oleh AL Rp 170 ribu, namun oleh kedua tersangka ini memberikan jasa mereka dengan tarif Rp 400 ribu kepada pelanggannya.

Dalam satu bulan mereka setidaknya bisa membuatkan 10 pasang buku nikah,” tambah Kanit Reskrim Polsek Koja, AKP Andry Suharto S.H., M.H.

Akibat aksinya tersebut, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 263 ayat 1 KUHP tentang Pemalsuan dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

 

 

Muklis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.