Kejari Muna Bersama Polres dan Koramil Kalisusu Gelar Sosialisasi Saber Pungli

oleh

MITRAPOL.com, Buton Utara – Inspektorat Buton Utara (Butur) bersama Kejaksaan Negri (Kejari) Polres Muna dan Koramil 04 Kulisusu menggelar sosialisasi kesadaran hukum dengan tema “Akuntabilitas Pemerintahan Desa yang Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme” di Aula Bappeda Butur, Kamis, 15 November 2018.

Sosialisasi dibuka oleh Asiten III Setda Butur Zunaini dan turut hadir Ketua TP4D Kejaksaan Negri Muna La Ode Sofyan, Sekertaris TP4D Karimudin, Asisten I Mohamad Amaluddin Mokhram, Kepala Inspektorat Butur Yuswan Farmanta, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Butur, Camat, serta para kepala desa.

Kegiatan diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 15-16 November 2018 di Aula Bappeda Butur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk untuk memberikan pemahaman kepada para kepala desa dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa sesuai perundang-undangan yang berlaku dan sosialisasi ini sebagai sarana informasi bagi para kepala desa.

Dalam sambutanya, Bupati Butur Abu Hasan melalui Asiten III Zunaini mengungkapkan, terbentuknya Tim Pengawal, Pengaman, Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) tersebut berdasarkan intruksi presiden No. 7 Tahun 2015 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi dan tentunya telah ditindaklanjuti dengan keputusan Kejaksaan Agung sampe di Kabupaten Buton Utara tentang pembentukan TP4D.

“Sebetulnya dengan adanya TP4D ini merupakan perlindungan kepada kita semua dari fitnah-fitnah hukum kedepan. Kenapa seperti itu, karena TP4D itu adalah untuk mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalanya pemerintahan dan pembagunan melalui upaya-upaya pencegahan dan persuasif, “katanya.

Sementara itu, Ketua TP4D Kejari Muna La Ode Sofyan mengatakan, TP4D ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi Kejaksaan Republik Indonesia. Tim TP4D sifatnya adalah pendekatan dan pencegahan.

“Jadi sedikit berbeda, sehingga kejaksaan itu bukan hanya di tugaskan dalam penegakan hukum, dalam penegakan hukum juga ada tugas pencegahan. Tim TP4D ini adalah bagian dari pencegahan, kaitanya denganbu pelaksanaan pemerintah dan pembangunan, “ungkap Kasi Intel Kejari Muna ini dalam kegiatan tersebut,

 

David Wiridin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *