Di Lima Kecamatan Sebatik, Selama Satu Minggu Disdukcapil Gelar Jemput Bola

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Antusias Masyarakat Sebatik menyambut layanan Jemput bola yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nunukan, Senin (19/11/2018).

Pelayanan Jemput bola akta lahir, akta kematian, kartu keluarga, dan perekaman E-ktp secara gratis akan dilakukan di Lima kecamatan yaitu, Kecamatan Sebatik Utara, Kecamatan Sebatik Timur, Kecamatan Sebatik Induk, Kecamatan Sebatik Barat, dan Kecamatan Sebatik Tengah selama Seminggu.

Pelayanan jemput bola dengan pelayanan prima dilakukan petugas-petugas dari Disdukcapil bersama dengan Aparatur Desa dan Kecamatan setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan Drs. Raden Iwan Kurniawan mengatakan, untuk layanan saat ini dipersiapkan blangko akta kelahiran sebanyak 1.000 lembar, akta perkawinan 100 lembar dan kartu keluarga 300 lembar.

Raden Iwan Kurniawan menambahkan, waktu layanan akan dimanfaatkan seefektif mungkin, tentunya tidak akan mampu memenuhi semua keinginan tapi paling tidak telah memberikan kesempatan dan peluang bagi penduduk untuk mengurus dokumen kependudukan. kegiatan seperti ini akan diagendakan lagi pada tahun mendatang.

Adapun persyaratan setiap warga yang ingin mengurus akta lahir dari usia 0+ sampai 18 tahun harus melengkapi berkas yaitu.
1. Akta Kelahiran
– Foto copy kartu keluarga KTP orang tua (Ibu, Bapak)
– KTP saksi dua orang
– Surat Keterangan Kelahiran dari bidan
– Buku nikah
– Mengisi formulir.
2. Akta kematian
– Surat kematian dari pihak setempat Ktp almarhum
– Foto copy kk almarhum
– KTP saksi 2 orang
– Mengisi formulir akta
3. Melayani perbaikan data sesuai dengan dasarnya yang ada di miliki.
4. Cetak kartu keluarga
5. Akta nikah bagi non muslim (nasrani).

Raden menuturkan, dalam kegiatan pelayanan administrasi kependudukan pola jemput bola di Lima kecamatan mengunakan anggaran APBD Kabupaten Nunukan DAK non fisik.

 

 

Yusup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.