90 Pelajar SMA/SMK di Jakbar Ikuti Partisipasi Pemilih Pemula

MITRAPOL.com, Jakarta – Tingkat demokrasi suatu negara sering diukur dari kualitas penyelenggaraan Pemilu di negara tersebut. Pemilu dan demokrasi memiliki keterkaitan hubungan yang erat, sulit membayangkan suhu politik yang demokratis tanpa penyelenggaraan Pemilu yang fair, jujur, dan adil. Dan sebaliknya sulit mengharapkan Pemilu yang berkualitas manakala sistem politiknya tidak demokratis.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat, Eldi Andi, saat memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan Partisipasi Pemilih Pemula bagi Pelajar SMA/SMK, di Ruang Pola, Kantor Walikota Blok A lantai 2, Jalan Raya Kembangan No. 2, Jakarta Barat, Rabu (21/11).

“Dalam demokrasi Pemilu sangat penting, tidak ada demokrasi tanpa terselenggaranya Pemilu yang jujur dan demokratis. Sebab Pemilu merupakan tahap pelaksanaan kedaulatan rakyat, di mana rakyat dapat memilih secaralangsung,” ujar Eldi.

Caption : Sekko Jakbar, Eldi Andi saat memberikan pengarahan kepada para pelajar

Eldi melanjutkan bahwa partisipasi Pemilu merupakan hal yang penting untuk menentukan keberhasilan dalam setiap penyelenggaraan Pemilu. Di Indonesia, untuk angka partisipasi dalam Pemilu masih sangat rentan, angka partisipasi juga mencakup hasil mobilisasi dan politik yang tidak mereflesikan sepenuhnga kesadaran politik para pemilih untuk memberikan suaranya dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dijelaskan oleh Eldi, bahwa perbandingan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu di DKI Jakarta dari mulai tahun 2007-2017 sebesar77%. Sedangkan untuk partisipasi pemilih DKI Jakarta dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 sebesar 72,3%, yang menunjukan tingkat partisipasi tertinggi dalam sejarah Pemilu DKI Jakarta dan merupakan partisipasi tertinggi secara nasional yang sebelumnya berada di 70%.

“Jadi Pilgub 2017 sudah meningkat 77%, mudah-mudahan Pilpres 2019 bisa meningkat dibanding dengan Pilpres ditahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Eldi berharap kepada para pelajar yang mengikuti kegiatan Partisipasi Pemilih Pemula agar bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya, memahami materi yang disampaikan leh para narasumber, agar dapat meningkatkan pemahaman pengetahuan akan pentingnya partisipasi pelajar dalam Pemilu 2019, membangun kehidupan demokrasi di Indonesia serta meningkatkan kesadaran partisipasi pelajar dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 April 2019 nanti.

“Adik-adik sudah mendapat ijin dari sekolah, jadi ikuti kegiatan ini dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, karena buat bekal adik-adik semua nantinya,” kata Eldi.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Kepala Suku Badan (Kasuban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat, Dirhamul Nugraha, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berdasar pada Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta No. 5 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Perda Provinsi DKI Jakarta No. 6 Tahun 2016 tentang perubahan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018, dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 258 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Dirhamul menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk mberikan pengertian kepada pelajar SMA/SMK tentang penetapan berkenaan dengan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya partisipasi pelajar dalam membangun kehidupan demokrasi, serta meningkatkan kesadaran partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar pada Pemilu.

Untuk metode kegiatan tersebut nantinya meliputi, ceramah, pemahaman materi, dan sesi tanya jawab, yang akan diikuti oleh 90 peserta, dengan waktu dan tempat pelaksanaan pada hari Rabu hingga Jumat (21/11-21/11) di Hotel Gerbera, Jalan Raya Puncak, Cioayung Girang, Mega Mendung, Jawa Barat

“Peserta sebanyak 90 orang, dari unsur SMA/SMK, yakni SMA Katholik RICCI, SMA Vianney, SMA Yadika 1, SMA Yadika 2, SMA Damai,SMKN 13, SMKN 60, dan SMKN Insan Global,” pungkasnya.

 

 

Madalin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.