Sosialisasi Peraturan Pemerintah Dan Permenakertrans di Humbahas

oleh

MITRAPOL.com, Humbahas – Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2015 dan Permenaker no. 44 tahun 2015 kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di setiap OPD dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi dilaksanakan di Aula Pendopo Bukit Inspirasi. Kamis, (09/12/2018).

Kegiatan dihadiri oleh Kejari Humbahas, Sekda Humbahas, Kadis Disnaker Humbahas, Kepala UPT Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumut, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaab Cabang Pematang Siantar dan KCP Dolok Sanggul.

Hadir juga para pimpinan OPD Se-Kabupaten Humbahas, Asisiasi Pengusaha baik dari ASPEKINDO, GAPEKSINDO dan GAPEKNAS.

Sebelum memasuki acara Laporan Panitia Sosialisasi BPJS yang dibacakan langsung oleh Kepala Cabang Perintis Hendrik Manullang.

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Kab. Humbahas Drs. Tonni Sihombing, M.AP menyampaikan, Kabupaten Humbahas sanggat bangga atas sebuah prestasi yang diraih bersama masyarakat dan pemerintah, dimana Kabupaten Humbahas mendapatkan Apresiasi dari Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dengan memberikan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Kab. Humbahas atas kepesertaan pegawai NON PNS dilingkungan Pemkab Humbahas dalam program Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dimana dari Seribu Enam Ratus Empat Puluh Tiga Ribu (1643) orang tenaga Non ASN.

Sementara Seribu Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan (1299) orang telah terdaftar kepesertaan badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sehingga yang belum terdaftar tiga ratus empat puluh empat (344) orang .

Kiranya kita masih berharap untuk tahun kedepan semoga dari jumlah seluruh pegawai Non ASN maupun para karyawan dan Serikat Buruh/Pekerja yang ada di Kab. Humbahas dapat terdaftar sebagai Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 44 Tahun 2015.

Untuk itu saya memberikan Apresiasi kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atas kerjasamanya selama ini sehingga dapat memajukan Kab. Humbahas kedepannya, mengakhiri sambutannya.

Kejari Humbahas mewakili Kasidatun Ilma Ardy Ryadi menyampaikan, “Permintaan maaf dari Kejari Humbahas karna tidak dapat hadir pada kesempatan ini dikarenakan ada kegiatan yang tidak dapat diwakilkan.

Lebih lanjut disampaikan Sistem Jaminan Sosial Nasional sebagaimana diatur di dalam UU RI No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional pada dasarnya merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan Kesejahteraan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Melalui program ini setiap penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak, misalnya sewaktu seseorang mengalami kecelakaan yang timbul dari resiko kerja.

Menindak lanjuti MOU antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematang Siantar dengan Kejari Humbahas dengan nomor B-87/N.2.31/cp.1/02/2017.pada tahun 2018 telah ada penyerahan surat kuasa khusus (SKK) dari BPJS ketenaga kerjaan cabang pematang siantar kepada kejari humbahas sebanyak 43 SKK, angka tersebut jauh meningkat dari pada tahun 2017 yang hanya 10 SKK

Hal ini menandakan peran JPN sebagai mitra pemerintah dan BUMN/BUMD sangat diperlukan ungkapanya mengakhir kata sambutannya.

 

 

FP/Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *