Kedekatan Babinsa TNI Dengan Rakyat Patut Menjadi Contoh

oleh

MITRAPOL.com, Jateng – Sikap profesionalisme Babinsa Koramil 11/Warungasem Kodim 0736/Batang dalam menjalankan tugas dan perannya merupakan sebuah sinergi TNI dengan rakyat tidak perlu diragukan lagi.

Sertu Yugo Rusianto dan Serda Sugianto anggota Babinsa Koramil 11/Warungasem Kodim 0736/Batang menunjukan kinerjanya sebagai pengayom dan pendamping masyarakat.

Mereka berdua bukan hanya peduli tapi juga sangat dekat dengan warga masyarakat. Tidak hanya mendampingi warga, ia juga membantu warga binaan dalam mengatasi kesulitanya. Karena keduanya menyadari bahwa Babinsa diberikan tugas menjadi pendamping Desa, Komitmen tersebut dijalankan dengan penuh integritas yang konsisten.

Sertu Yugo dan Serda Sugianto memotivasi Slamet(61) warga RT 07/RW 03 Desa Lebo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang untuk tetap semangat dalam dalam berkebun. Sabtu (08/12/2018)

Tampak dilokasi, yang tidak jauh dari kebun Slamet, kedua Babinsa tampak berbincang-bincang dan saling curhat layaknya kakak dengan adik yang sedang mencurahkan isi hati satu sama lain. Tidak ada jarak diantara mereka, suasana keakraban tercipta di alam bebas yang sangat bersahabat.

Bahkan Keakraban juga terlihat saat Sertu Yugo dan Serda Sugianto melayani permintaan foto dari Slamet yang sangat mengidolakan tentara, bahkan dalam momen tersebut Slamet sempet menukar baret Sertu Yugo dengan pecinya untuk dipakai dalam sesi foto tersebut. Ini bukti kedekatan TNI dan rakyat dalam mengimplementasikan pembinaan teritorial (Binter).

“Kami bagian dari masyarakat dan kami hadir ditengah-tengah masyarakat baik dalam suka maupun duka, juga diberbagai kondisi yang tengah dialami mereka,” kata Sertu Yugo.

Sertu Yugo mengaku dirinya sebagai aparat teritorial yang merupakan ujung tombak TNI siap dengan kondisi apapun bahkan bersedia berada di wilayah terpencil sekalipun.

Sikap Babinsa tersebut mencerminkan profesionalisme TNI untuk rakyat yang diterapkan melalui program pembinaan teritorial. Bukan hanya teori namun sebuah kenyataaan bahwa satu bukti Babinsa dalam mempraktikkan 5 kemampuan teritorial perlu diacungi jempol.

Selain itu, juga memperlihatkan pemandangan yang elok antara Babinsa dengan warga. Suasana keakraban menggambarkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan tidak perlu diragukan lagi.

Dandim 0736/Batang Letkol Kav Hanry R.J.Napitupulu melalui Danramil 11/Warungasem Kapten Inf Hari Santoso menyebutkan, TNI bagian dari rakyat dan berada ditengah-tengah masyarakat serta siap mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, sebagaimana motto “Bersama rakyat TNI kuat”.

“Babinsa harus mengetahui setiap permasalahan masyarakat, dan ikut merasakan setiap kesulitan yang dialami masyarakat dengan cara menjadi solusi dan pelopor dalam mengatasinya,” ujarnya.

Danramil menyampaikan, kemanunggalan TNI yang dilakukan oleh Babinsanya adalah merupakan sebuah manifestasi Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang diwujudkan melalui peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat.

”Dengan pendampingan serta memotivasi warga juga mendorong terciptanya bangsa yang berdaulat pangan dan semakin optimisnya Indonesia menjadi Negara maju dimasa akan datang,” pungkasnya.

 

 

Irul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *