Malaysia Deportasi TKI Via Nunukan

oleh

MITRAPOL.com, Nunukan kaltara – Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Tawau Sabah Malaysia melalui Protokol dan Konsulat melaporkan bahwa Kamis (6/12/18) telah mendeportasi sebanyak 86 orang TKI.

Sesuai surat surat Imigrasi Malaysia No : Im.101/s.twu/e/us/1130.6/2018 tanggal 6 Des 2018 akan melakukan Deportasi Warga Negara Indonesia yang berasal dari Pusat Tahanan Sementara (PTS) di Tawau.

Dari 86 orang dengan tujuan ke Pelabuhan Tunantaka Nunukan, Kalimantan Utara dengan rincian jumlah laki-laki 70 orang, Perempuan 13 orang dan anak-anak sebanyak 3 orang.

Menurut Arbain Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Kabupaten Nunukan hingga Desember 2018 ini kurang lebih 3.500. TKI yang di Deportasi oleh pihak kerajaan Malaysia sejak Januari sampai awal Desember 2018 melalui Konsulat Jenderal di Tawau Sabah malaysia.

Lanjud Arbain bahwa permasalahan TKI Ilegal banyak, terutama kurangnya pengawasan dari pihak Konsulat atau Perwakilan tidak dimbangngi jumlah personil KBRI dengan banyaknya TKI di Sabah Malaysia pengawasanya sangàt Lemah.

Apalagi kata Arbain bahwa majikan di Malaysia lebih condong mempekerjakan TKI tampa dokumen dari pada TKI yang mendapat jaminan, majikan menghindari pembayaran lebih kepada Negara, begitu juga TKI lebih senang karena tidak ada bayaran setiap bulan .

Pada intinya sama- sama saling membutuhkan, majikan butuh tenaga kerja Ilegal dan TKI Ilegal juga membutuhkan majikan tampa ada bayaran Lebih kepada negara setiap tahunnya.

 

 

 

Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *