Aparat Gabungan TNI/Polri Kembali Temukan Satu Jenazah Dan Tiga Korban Selamat Di Nduga

MITRAPOL.com, Timika – Aparat Gabungan TNI/Polri selain menemukan Jenazah Karyawan PT. Istaka Karya kembali menemukan sebanyak tiga orang korban yang selamat dari pembantaian oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua di Kabupaten Nduga, Papua.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid. Humas Polda Papua, Kombes. Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal melalui siaran pers bahwa ketiga orang yang ditemukan selamat diketahui bukan karyawan PT. Istaka Karya ketiganya ditemukan di Distrik Yigi Riaman pada Senin, (10/12/2018).

Identitas ketiga korban selamat yakni, Petrus Tondi (42), Toding Allo (20), dan Saputra (26).

“Kondisi ketiga pekerja tersebut sehat, mereka bukan pekerja PT. Istaka Karya,” kata Mustofa.

Sebelumnya pada minggu (9/12) Personel Gabungan TNI/Polri yang dipimpin Danyonif 756/WMS Mayor Inf Arif Budi Situmeang S.IP, M.Tr (Han) dilaporkan telah menemukan satu jenazah di Puncak Kabo, Nduga. Papua.

Hingga berita ini ditayangkan jenazah yang diduga Karyawan PT. Istaka Raya itu sudah dievakuasi ke Wamena dengan helikopter TNI AD dan tiba di lapangan Bataliyon 756/WMS.

Dengan demikian aparat gabungan TNI-Polri tercatat telah mengevakuasi 17 jenazah korban pembantaian KKSB di Distrik Yigi, Nduga. Papua.

sebanyak 16 jenazah telah diterbangkan ke kampung halaman masing-masing melalui Timika, pada Jumat (7/12) dan Satu Jenazah yang baru dievakuasi masih disemayamkan di Wamena untuk diidentifikasi.

Diketahui pada Sabtu (1/12), Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang merupakan sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) membantai para pekerja PT. Istaka Karya yang sedang mengerjakan jembatan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Dengan cara diikat dan ditembak dalam lima saf.

Selanjutnya pada Senin (3/12) sekitar pukul 18.30 WIT, KKSB menyerang Pos TNI 755/Yalet, Distrik Mbua, hingga menyebabkan satu prajurit bernama Sertu Anunerta Handoko tewas tertembak dan Anggota lainnya selamat mengalami luka tembak.

Dilaporkan total 28 orang pekerja jembatan dari PT Istaka Karya di Distrik Yigi, Nduga,Papua sebanyak 19 orang karyawan dinyatakan meninggal dunia diantaranya 17 telah ditemukan, 7 orang selamat, 2 jenazah belum ditemukan, 2 orang diduga masih hidup dan masih dalam pencarian.

Sehingga total pekerja jalan trans papua yang dijuluki Panglima TNI Mersekal Hadi Tjahjanto sebagai pahlawan pembangunan ini sebanyak 4 orang dinyatakan masih dalam pencarian termasuk dua korban yang diduga masih hidup.

 

 

Qodri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.