Khutbah Jumat Masjid Al-Ikhlas Polda Lampung: Pendek Umur Raih Pahala Tak Terukur

by -210 views
Pelaksanaan shalat Jum’at berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Polda Lampung

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Puluhan personel Polda Lampung melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Polda Lampung, Jumat (14/12/2018). Kabag Watpers SDM Polda Lampung AKBP Tri Suhartanto, S.Ik., mendampingi Karo SDM Polda Lampung Kombes Pol Novian Pranata, mengatakan hari Jumat merupakan hari berkah, yang artinya penuh kebaikan dan keutamaan.

“Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan, yang pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT,” katanya.

Berikut khutbah hari Jumat dari Departemen Agama (Depag) Provinsi Lampung yang disampaikan Drs. Imron dengan tema: “Pendek Umur Raih Pahala yang tak terukur”

“Puji syukur kita kepada Allah. Utamanya atas nikmat usia, hingga saat ini masih digunakan untuk mencari dan menambah bekal untuk perjalanan tersisa di dunia, dan perjalanan panjang di akhirat. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabat hingga akhir zaman.

Jamaah Jumat rahimakumuIloh, demi menjalani misi mulia di dunia, juga meraih kenikmatan tak terkira di akhirat, tidak banyak waktu yang tersedia untuk kita. Seperti yang sering kita dengar dan saksikan, rata-rata umur manusia zaman ini seperti yang disebutkan oleh Nabi, “Umur umatku berkisar antara enam puluh hingga tujuh puluh tahun, dan sedikit orang yang melampaui usia itu.” (HR Tirmidzi, beliau berkata, hadits hasan shahih)

Begitulah jika dihitung umur rata-rata. Adapun secara personal, masing-masing tidak tahu berapa lama nantinya ia akan dijatah hidup di dunia. Karenanya, hidup di dunia disebut sebagai mata’ur qaliil, kenikmatan yang sedikit. Karena kadar kenikmatannya yang sangat terbatas, dan hanya dinikmati dalam waktu yang sangat singkat. Lebih terasa singkat lagi manakala waktu di dunia benar benar telah berlalu. Allah mengisahkan, melihat hari berbangkit itu, mereka seakan akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi.” (QS an-Naazi’at 46).

“Barangsiapa yang menunjukkan kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang berbuat baik.” (HR Muslim) Inilah yang memotivasi para Pendahulu umat yang alim dan shalih. Umur mereka begitu berkah. Mereka berdakwah kepada sebanyak mungkin orang, dengan berbagai sarana yang dibenarkan oleh syariat. Ada yang mengajarkannya di masjid-masjid. Dan jalankan ilmu, mendakwahkannya kepada siapapun orang yang ditemuinya, juga dengan dakwah melalui tulisan.

Dengan cara ini, mereka tak hanya berdakwah kepada manusia di lintas negara. Bahkan juga lintas generasi dan zaman. Hingga siapapun yang mengambil manfaat dari karya mereka, berarti telah ‘menyumbang pahala untuk mereka, tanpa mengurangi pahala sendiri tentunya. Inilah fadhilah dari ilmu yang dimanfaatkan.

Demikianlah khutbah yang dapat kami sampaikan. Kita berdoa, semoga Allah memberkahi umur kita dan memberikan semangat agar kita mampu melaksanakan seluruh kebaikan dengan cara Yang Paling utama. (Wawan Satria)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *