Jalan Trans Papua Ruas Timika – Wagete Telah Dibuka

Pembangunan Jalan Trans Papua (JTP) ruas jalan Timika-Wagete.

MITRAPOL.com, Mimika – Pemerintah melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VIII Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR telah bekerja keras membangun Jalan Trans Papua (JTP) ruas jalan Timika-Wagete melalui Satuan Kerja (Satker) wilayah VI Provinsi Papua, Timika.

Saat ini ruas Jalan Trans Papua telah dibuka dan bisa terhubung meskipun kondisi geografis yang dilalui sangat berat dan menantang. Satker Wilayah VI Timika pun masih melanjutkan perbaikan Sub Grade.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui jarak tempuh dari Kabupaten Nabire ke Wagete maupun Enarotali, ibu kota Kabupaten Paniai, Papua sekitar 240 km hingga 270 km dengan waktu hingga belasan jam.

Adapun jarak tempuh dari Timika Kabupaten Mimika ke Wagete, Kabupaten Deiyai, Papua melalui ruas jalan yang dibangun tersebut sekitar 180 Kilo Meter, bila ditempuh menggunakan pesawat terbang maka tercatat sekitar 20-25 menit.

Ruas Jalan Trans Papua (JTP) Timika-Wagete tersebut dikerjakan oleh dua satuan kerja (satker) PJN VIII Provinsi Papua yaitu Satker Wilayah VI Timika dan Satker Paniai dari masing-masing arah. Tahun ini Satker Timika mengerjakan ruas jalan sejauh 2 km dari sisi selatan, sementara Satker Paniai dari sisi utara akan mengerjakan ruas jalan sejauh 4 Kilo Meter.

Titik nol dari Pekerjaan Jalan Trans Papua ini dimulai dari persimpangan Pelabuhan Rakyat (Pelra) Paumako, Mimika dan seterusnya menuju persimpangan Mayon Kuala Kencana, Mimika, Papua sepanjang lebih dari 40 Kilo Meter. Dari persimpangan Mayon selanjutnya menuju persimpangan Kapiraya sepanjang 71 km. Kemudian Dari arah simpang Kapiraya menuju ke titik persambungan yang dikerjakan menuju Wagete, Kabupaten Deiyai, Papua.

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VI Provinsi Papua, Timika, Kabupaten Mimika, Adrian M.R. Paranoan.

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VI Provinsi Papua, Timika, Kabupaten Mimika, Adrian M.R. Paranoan kepada MITRAPOL.com di ruang kerjanya, Senin, (17/12/2018) mengatakan, walaupun jalan sudah terbuka namun hingga saat ini Satker Wilayah VI Provinsi Papua, Timika masih genjot pengerjaan dalam perbaikan lapisan tanah dasar (sub grade) yang miring.

“Ruas jalan yang kami tangani ini yakni Ruas Simpang Kapiraya – Wagete sejauh 38 Kilo Meter, sekarang kondisinya sudah terbuka (sudah ada jalan), tapi masih ada kemiringan lapisan tanah dasar (sub grade) nya masih tinggi sehingga yang masih kami lakukan adalah penurunan (sub grade),” ungkap Adrian.

“Untuk kendala disini menurutnya adalah cuaca, disini (Timika) cuacanya berbeda, seperti yang diketahui, terkadang Kota Timika cuaca panas tapi di atas (lokasi pekerjaan) hujan lebat, belum lagi medan (lapangan kerja)” kata Kasatker.

Namun meskipun terkendala cuaca yang ekstrim dan medan yang buruk Adrian M.R. Paranoan sebagai Kasatker tetap optimis akan perbaikan sub. grade bisa selesai tepat waktu yakni sesuai target di akhir Desember 2018. (AQM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.