Keberadaaan Orang Gila Resahkan Pedagang Pasar Besar Palangka Raya

Salah satu orang gila yang berhasil diamankan pihak kepolisian.

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Para pedagang Pasar Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dibuat takut dan resah dengan keberadaan beberapa orang penderita gangguan jiwa atau orang gila yang berkeliaran di sekitar pasar.

Pasalnya, orang gila tersebut kerap mengganggu serta mengacak acak barang dagangan para pedagang pasar. Bahkan beberapa hari terakhir salah satu dari orang gila tersebut mengamuk dan hampir memukul warga sekitar.

Bacaan Lainnya

“Pedagang dan warga sekitar yang berada di komplek Pasar Besar ini sudah merasa takut dan resah hingga terganggu dengan keberadaan beberapa orang gila tersebut, yang hingga kini berkeliaran tanpa ada pengamanan serta tindakan yang serius dari instansi terkait yang menangani hal tersebut,” kata Siti Fatimah.

Siti yang juga ketua RT 01/ RW 15 Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut di komplek Pasar Besar ini mengatakan, selain membuat takut dan resah hingga bahkan mengganggu bahkan salah satu dari orang gila tersebut juga sudah pernah mengamuk serta merusak barang dagangan beberapa pedagang yang ada.

“Parahnya lagi salah satu orang gila tersebut hampir setiap tengah malam hari merusak serta memecahkan lampu-lampu milik pedagang serta melempari beberapa rumah dan ruko hingga bahkan orang-orang yang lewat dan berada disekitarnya mengunakan batu dan kayu,” katanya.

Dia berharap adanya perhatian dan penanganan serius dari Pemerintah Kota dengan keberadaan dan maraknya orang gila yang terus berdatangan dan berkeliaran di Kota Palangka Raya khususnya di Komplek Pasaran Besar.

Salah satu pedagang, Masliani juga menambahkan dan membenarkan perihal tersebut. Bahkan dirinya juga sempat menjadi salah satu korban yang barang dagangannya juga di rusak dan di acak acak orang gila tersebut. Bahkan menurutnya pedagang hingga warga sekitar sudah mulai merasa takut serta tidak aman dan nyaman dengan kehadiran orang gila yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal dan tempat mereka berdagang.

“Kami juga berharap Pemerintah Kota serta Dinas dan Instansi terkait dapat segera mungkin mengatasi permasalahan ini, jangan sampai masyarakat terkesan merasa pemerintah membiarkan dan mengabaikan begitu saja terhadap permasalahan ini, warga memiliki batas kesabaran dan warga juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan baik dari penegak hukum kepolisian hingga Dinas Sosial yang menangani permasalahan ini, agar dapat secara serius melakukan tindakan dalam menanganinya,” harapnya.

Dia juga menambahkan, warga serta pihaknya dan bahkan para pedagang sebenarnya merasa kasian dan peduli dengan orang orang gila ini, hingga hampir setiap hari dan setiap waktu rutin memberi makan dan minum bahkan memberikan pakaian layak pakai untuk diberikan dan dikenakan oleh orang orang gila tersebut.
Ketua Pengurus Pasar Besar Kota Palangka Raya , Hamidan juga menambahkan bahwa keberadaan orang orang gila yang berkeliaran di sekitar kawasan Pasar Besar ini sudah sangat menggairahkan keamanan, kenyamanan dan bahkan ketentraman baik warga para pedagang hingga bahkan pengunjung pasar.

“Dalam waktu dekat, kami akan segera melayangkan surat ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya untuk segera mengupayakan serta melakukan tindakan baik menangkap dan mengamankan orang orang gila tersebut, agar tidak kembali membuat keresahan dan ketakutan warga, para pedagang dan pengunjung yang kini sudah merasa terancam keselamatannya,”tegasnya.

Dia berharap agar Pemerintah Kota Palangka Raya dapat dengan serius dan lebih peka lagi terhadap keberadaan serta maraknya orang orang gila yang berkeliaran selama ini, jabatan terkesan dibiarkan begitu saja sehingga dapat menganggu keamanan dan aktifitas warga “Kota Cantik” Palangka Raya, khususnya warga dan pedagang di Komplek Pasar Besar. (M Tedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.