Aksi Bela Uighur, Ribuan Massa Berkumpul di Depan Kedubes China

Ilustrasi aksi damai

MITRAPOL.com, Jakarta – Ribuan massa aksi solidaritas untuk Uighur mulai berkumpul di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) China kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018) siang.

Massa dari berbagai elemen masyarakat itu berkumpul usai melaksanakan Shalat Jumat. Kerumunan massa yang awalnya terkonsentrasi melaksanakan Salat Al Istiqomah yang dekat dengan lokasi, langsung bergerak ke depan kedutaan dan berkumpul bersama kelompok lain.

Dalam aksi damai itu, tampak sejumlah peserta aksi membawa atribut berupa bendera bertuliskan kalimat tauhid, bendera merah putih, hingga bendera raksasa bergambar penceramah Habib Bahar bin Smith yang tengah menjadi tersangka kasus penganiayaan di Polda Jawa Barat. Sesekali terdengar teriakan takbir dan nyanyian-nyanyian pendorong semangat massa.

“Mari kita satukan dan rapatkan barisan demi kaum muslimin Uighur yang tengah mendapat musibah di China dan kita juga harus jaga ketertiban, buktikan bahwa muslim itu tidak anarkis,” kata suara dari mobil komando.

Terlihat juga beberapa orang peserta massa yang hadir ke lokasi dengan membawa keluarganya. Seorang ibu rumah tangga terlihat hadir bersama suami dan seorang anak laki-lakinya berusia 10 tahun.

“Kami memang sengaja datang ke sini. Bukan karena apa-apa tapi karena alasan kemanusaiaan. Kami terpanggil karena ini persoalan kemanusiaan,” ujar warga yang mengaku sebagai muslim keturunan Tionghoa itu.

Sekitar pukul 13:45 WIB, massa baru akan memulai orasinya di depan gedung kedutaan yang sudah dikelilingi kawat berduri dan dijaga petugas keamanan gabungan.

Sementara itu, Kedutaan besar China terlihat tidak ada kegiatan karena sengaja diliburkan akibat adanya aksi massa aksi yang juga disebut aksi 2112 hari ini. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.