Sah, APBD Kabupaten Nunukan TA 2019 Sebesar Rp1,292 Triliun

by -143 views
Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dan Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, H. Dani Iskandar tetapkan APBD Tahun Anggaran 2019.

MITRAPOL.com, Nunukan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Kabupaten Nunukan akhirnya menyepakati besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nunukan tahun anggaran (TA) 2019 sebesar Rp.1.292.237.182.559.49 atau sekitar Rp 1,292 triliun.

“Sepakat tetapkan RAPBD menjadi Perda tahun Anggaran 2019 Pendapatan Belanja menjadi peraturan daerah yang telah dibahas kita setujui bersama dan terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid didampingi Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, H. Dani Iskandar¬†dalam rapat paripurna ke 20 yang dihadiri semua unsur Muspida, Kamis (20/12/2018).

“Apa yang kita tetapkan bersama akan menjadi wujud keinginan kita menjalankan tugas dan tanggungjawab untuk menghadirkan kabupaten Nunukan yang maju dan sejahtera dengan kondisi yang penuh tantangan tahun 2019 kita tetap optimis dan bersinergis sehingga kinerja dalam melaksanakan anggaran 2019 dapat terlaksana dengan baik,” papar Bupati Nunukan.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada panitia anggaran baik badan anggaran Legislatif dan panitia anggaran Eksekutif yang telah bekerja ekstra dan cermat serta penuh kehati-hatian mencurahkan segenap tenaga, waktu dan pikiran. Mulai dari tahap penyusunan hingga disahkannya Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Proses penyusunan APBD 2019 berpedoman pada peraturan pemerintah no: 88 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no:13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah yang telah beberapa kali diubah dan Permendagri No: 21 tahun 2011.

“Pelaksanaan penyusunan Anggaran ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mengakomodir cerminan aspirasi masyarakat kabupaten Nunukan dalam rangka mewujudkan pembangunan disegalah bidang yang nantinya dapat mewujudkan kabupaten Nunukan yang lebih baik di masa sekarang maupun di masa mendatang,” ujar Asmin Laura Hafid.

Sesi foto bersama usai pengesahan dan penetapan APBD Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2019.

Penyusunan APBD ini merupakan hak dan kewajiban pemerintah daerah harus dilaksanakan setiap tahun dalam rangka penyenggaraan pemerintahan dan pembamguna daerah sebagai upaya untuk memberikan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati yang juga mantan anggota DPRD dari Partai Hanura itu menuturkan bahwa APBD merupakan agenda rutin tahunan yang memuat prioritas – prioritas pembangunan terkait dengan kebijakan dan target yang akan dicapai sesuai kemampuan sumber daya yang ada .

“Saya berharap semua kepala dinas, kepala Badan dan Kantor yang telah mengusulkan sejumlah program namun tidak semua terakomudir karena anggaran 2019 masih sangat terbatas. Jadi intinya kita fokus pada skala prioritas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelasnya. (*)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *