Lezatnya Coto Makassar Baruga di Teluk Gong

oleh -23 views
Rumah Makan Baruga Coto Makassar Daeng Jamal.

MITRAPOL.com, Jakarta – Bagi anda pecinta masakan berkuah tidak ada salahnya mencoba Coto Makassar. Ya, makanan khas Sulawesi Selatan ini kini sangat mudah ditemui di warung-warung makan atau restoran di Ibu Kota. Salah satunya rumah makan Baruga Coto Makassar, yang beralamat di Jln. Raya Telukgong, tepatnya samping PosPol Teluk Intan, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Di warung makan ini, Anda dapat menikmati beragam menu masakan khas Makassar, di antaranya Coto Makassar, Sop konro, konro bakar, pallu basa, songkolo, Bagadang, Bau piapi. Untuk menu yang dibakar anda juga dapat menikmati Ikan bakar sambal mangga. Apa pun jenis ikannya, pasti sangat enak dilidah.

Di menu minuman anda juga dapat menikmati sara’ Ba es pisang ijo, es pallu butung, es markisa dan Es teler yang membuat lidah anda meleleh karena kesegarannya.

Di rumah makan Baruga ini Coto Makassar terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Selanjutnya Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat dan “burasa” atau yang biasa dikenal sebagai buras, yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang.

 

Coto Makassar diperkirakan telah ada semenjak masa Kerajaan Gowa di abad ke-16. Dahulu hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

Saat ini coto mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Masyarakat umum juga menyukai bagian daging sapi atau kerbau yang terletak di bagian punggung (sirloin) itu. Sementara beberapa penjual memberi pilihan daging sapi atau jeroan, atau campuran keduanya, untuk dihidangkan. Sabtu, 22/12

Untuk anda yang penasaran silahkan datang ke rumah makan Baruga Coto Makassar Daeng Jamal.

Masakan berkuah Coto Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *