Terjadi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Nunukan

Komandan Pengamanan dan Penertiban KPLP Nunukan Drs. Ahmad Tang

MITRAPOL.com, Nunukan – Komandan Pengamanan dan Penertiban KPLP Nunukan Drs. Ahmad Tang mengatakan dalam menciptakan keamanan di pelabuhanan dibutuhkan peranan dan keterlibatan pihak kesyabandaran, KPPP dan stakeholder lain baik dari bea cukai, karantina, dan aparat terkait lainnya.

Menurut Ahmad Tang yang sudah 20 tahun mengabdi di kantor kesyahbandaran, beberapa hari terakhir ini terjadi telah terjadi lonjakan penumpang dibandingkan hari-hari biasa. Sebab itu pihaknya selalu siaga dalam melakukan pemeriksaan di setiap sektor sebelum kapal diberangkatkan.

Bacaan Lainnya

“Sebelum kapal berangkat kita lakukan pemeriksaan mesin dan bodi kapal, pemeriksaan dokumen, pemeriksaan barang dan juga penumpang. Jika terjadi over deck, over bagasi atau ada barang tidak layak maka kita pending pemberangkatan kapal. Tujuannya demi untuk keselamatan jiwa penumpang dan keamanan kapal,” terang Ahmad Tang saat ditemui Mitrapol, Senin (24/12/2018).

Ditambahkannya, bahwa menjelang libur Natal dan tahun baru kepadatan dan lonjakan penumpang sering terjadi namun kali ini tidak seperti tahun tahun yang lalu.

“Saat ini ada 2 kapal motor (KM) milik swasta yakni KM  Catlyah  dan KM Queen Soya rute Nunukan-Pare pare, Sulawesi Selatan begitu juga sebaliknya. Selain itu kapal milik pelni yakni KM Bukit Siguntang, KM  Lumbelu dan KM Roro. Dari 5 kapal ini yang mengangkut barang dan penumpang masuk dan keluar itu yang kita awasi,” jelasnya.  (Yusuf P)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.