Komunitas SWPB Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami Banten

by -150 views
Komunitas Suara Warga Pamijahan Bogor (SWPB) menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu korban bencana tsunami Selat Sunda.

MITRAPOL.com, Pandeglang – Masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Suara Warga Pamijahan Bogor (SWPB) tergerak membantu korban bencana tsunami Selat Sunda dengan menggelar aksi penggalangan dana.

Penggalangan dana dilakukan sejak Rabu (26/12/2018),  dengan cara turun ke jalan dan meminta sumbangan kepada para pengendara yang melintas di Jl Gunung Picung Pamijahan Bogor, Jawa Barat, SWPB yang merupakan gabungan dari masyarakat dari berbagai Desa mencakupi dalam satu Kecamatan Pamijahan Bogor dan melakukan penggalangan dana untuk membantu korban tsunami yang melanda daerah Lampung dan Banten, Sabtu (22/12/2018) pekan lalu.

“Penggalangan dana tersebut spontanitas, awalnya dilakukan oleh komunitas swpb melalui grup whatsapp dan akhirnya mereka bersosialisasi dengan turun kejalan sambil membawa Kardus bertuliskan Komunitas SWPB Peduli Bencana Banten, dan Alhamdulillah hasil dari pada penggalangan dana serta mengumpulkan pakaian layak pakai,” ungkap Koordinator Aksi Penggalangan Dana, Jalaludin atau yang akrab disapa Kang Ustadz Jalal.

Kang Ustadz Jalal mengungkapkan, dari penggalangan dana hanya berkisaran dua hari saja berhasil mengumpulkan pakaian bekas layak pakai sebanyak hampir 40 karung serta beberapa kardus mie instans.

“Kami juga langsung bergerak ke lokasi dan langsung berkordinasi dengan Tim kami yang terlebih dahulu stand by di lokasi kejadian di tempat dan selanjutnya dana yang sudah terkumpul akan disalurkan secara langsung ke lokasi bencana pada Sabtu (29/12/2018),” ujarnya.

Hasil pengalangan dana akan diberikan kepada para korban bencana tsunami.

Simpati dan solidaritas kepada korban merupakan bentuk kepedulian masyarakat  Pamijahan Kabupaten Bogor. Sebagai salah satu daerah yang rawan bencana, tutur Jalal, warga Pamijahan Kabupaten Bogor ikut merasakan penderitaan dan kesulitan korban bencana tsunami.‎

“Dan kita pun merasakan bagaimana besarnya bantuan dan kepedulian yang telah diberikan masyarakat baik dari warga pamijahan maupun dari luar pamijahan pada setiap kita mengalami bencana,” ucapnya.

Secara khusus Jalal bersama Rekan – rekan dari Komunitas SWPB menyampaikan rasa belasungkawa dan keprihatinannya atas bencana tsunami di Selat Sunda itu. ‎

“Saya berdoa, terutama kepada saudara-saudara yang terdampak, semoga musibah ini dapat meningkatkan ketakwaan dan kesabaran mereka,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bencana tersebut mengakibatkan banyak kerusakan, ratusan korban tewas dan ribuan warga mengungsi. Daerah yang terdampak tsunami adalah kawasan Pantai Pandeglang dan Pantai Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Di Provinsi Lampung, meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamanus dan Pesawaran. Pandeglang, Provinsi Banten, terkena dampak paling parah tsunami Selat Sunda. (Muklis)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *