Dewan Pers Independen Wilayah Lampung Gelar Acara Kopdar dan Silaturahmi

by -106 views
Dewan Pers Independen (DPI) Lampung menggelar acara Kopdar dan silaturahmi

MITRAPOL.com, Lampung Tengah -.Dewan Pers Independen (DPI) Lampung menggelar Kopdar dan silaturahmi dengan puluhan perwakilan media yang ada di Provinsi Lampung di di Bandar Jaya, Lampung Tengah, Sabtu (29/12/2018).

Kopdar dan Silaturahmi yang dihadiri sejumlah jurnalis baik dari  media cetak, Televisi, Online, Surat Kabar Harian, Mingguan bulanan dan pengurus organisasi Pers di Lampung ini dipimpin langsung oleh Bapak Herwandi Ketua Formatur Dewan Pers Independen (DPI) wilayah Lampung

“Acara ini menindak lanjuti Hasil dari Musyawarah Besar (Mubes) Pers Indonesia tanggal 18 Desember 2018 lalu yang dilaksanakan oleh Sekertariat bersama (Sekber) di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah Jakarta,” ujar Herwandi dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa hasil dalam Mubes Pers Indonesia tersebut merupakan pencetakan sejarah baru dalam dunia Pers yang bertujuan ingin menjunjung tinggi Undang-undang No.40 Tahun1999 tentang Pers.

“Dan silaturahmi ini adalah sebagai ajang musyawarah untuk dibawa dalam Kongres I Dewan Pers Independen bulan Februari 2019 nanti,” terangnya.

Beberapa hal yang dibahas dalam acara Kopdar dan Silaturahmi tersebut antara lain :

Menjelaskan hasil Mubes di Jakarta pada tanggal 18 Desember lalu. Selain itu, juga menyampaikan beberapa persoalan tentang masalah wartawan, masalah perusahaan media, masalah organisasi kewartawanan,  masalah UKW dan masalah Kriminalisasi wartawan yang masih sering terjadi.

Kemudian memberi mandat kepada setiap perwakilan daerah untuk membentuk kepengurusan melalui Tim Formatur Dewan Pers Independen yang telah ditunjuk dari hasil mubes.

Bermusyawarah tentang akan dibentuknya Dewan Pers Independen daerah wilayah Lampung. Menjelaskan Visi dan Misi Dewan Pers Independen. Memilih insan Pers yang akan diajukan sebagai ketua Dewan Pers Independen wilayah Lampung.

“Saya berharap siapapun yang terpilih sebagai ketua Dewan Pers Independen (DPI)  wilayah Lampung nanti dapat bersinergi untuk selalu mengedepankan amanah undang-undang Pers no 40 tahun 1999 tentang kebebasan Pers agar bisa melakukan pembelaan terhadap awak media yang mendapati kriminalisasi atas pemberitaannya,” harap Herwandi.

Dirinya juga mengajak agar rekan-rekan media dan Organisasi Pers untuk bergabung bersama Dewan Pers Independen demi untuk memperkuat kebersamaan dalam menjalankan tugas Jurnalistik. Karena menurutnya, Dewan Pers Independen siap menegakkan UU No.40 Tahun 1999 terutama Pasal 10 demi untuk meningkatkan kesejahteraan insan Pers.

“Hal ini juga penting agar insan Pers kita jadi lebih baik. Utam nya lagi bagaimana Dewan Pers Independen memberikan perlindungan hukum dengan penegakan UU No.40 Tahun 1999 agar insan Pers terhindar dari kriminalisasi dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” papar Herwandi. (Lami)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *