Dewan Pers Independent Siap Bela Anggota Perwami

Dewan Pers Independen (DPI) Lampung menggelar acara Kopdar dan silaturahmi

MITRAPOL.com, Lampung – Belum lama ini di Taman Ceri Gelompong Bandar Jaya, anggota Persatuan Wartawan Mingguan (PERWAMI) Lampung Tengah mengadakan pertemuan dengan Dewan Pers Independent (DPI).

Ketua Dewan Pers Independent (DPI) Lampung Herwandi mengatakan, wartawan dalam suatu negara sangat diperlukan, karena wartawan atau Pers merupakan pilar ke 4 dalam suatu negara. Pers di harapkan dapat mengimbangi kekuatan Eksekutip, Legislatip dan Yudikatip.

Dengan pemberitaan yang dihasilkan pers bangsa Indonesia bisa mengetahui apa yang terjadi di Indonesia khususnya dan di Dunia umumnya. Lewat pemberitaan, bangsa Indonesia bisa bertambah cerdas, hukum dan keadilan bisa ditegakkan.

Pada kesempatan itu, Herwandi menjamin semua wartawan yang tergabung di group PERWAMI Lampung Tengah, apabila ada masalah hukum akan di bela, baik dalam segi permasalahan pemberitaan atau dikriminalisasi, karena group PERWAMI telah di daftar oleh ketua organisasinya ke Dewan Pers Independent. Dengan demikian secara otomatis semua anggota organisasi PERWAMI terdaptar di Dewan Pers Independent.
Lebih lanjut Herwandi berharap kedepan tidak ada wartawan yang dikriminalisasi oleh aparat penegak hukum, dalam menangani permasalahan Pers akan lebih mengedepankan UU Pers No 40 Tahun 1999.

Selama ini saya menilai banyak wartawan yang di kriminalisasi, sebagai contoh saat Pers/Wartawan melaksanakan tugas konfirmasi dengan oknum yang melakukan kesalahan misalnya korupsi agar berita nya berimbang, oknum yang mempunyai kesalahan tersebut menjebak dengan meminta tolong agar tidak dipublikasikan dan memberikan sesuatu.

Karena pemberian itu wartawan kena OTT dan diproses hukum. Seharusnya aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian menangkap dan memproses pula oknum yang melakukan kesalahan tersebut. Pungkas Herwandi.

 

Lami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.