Banjir di Wilayah Banten Rendam 2.123 Hektare Sawah

by -60 views
Banjir di wilayah Pandeglang.

MITRAPOL.com, Serang – Musibah banjir yang melanda wilayah Banten telah merendam pemukiman penduduk dan areal persawahan.

Berdasarkan data sementara Dinas Pertanian Provinsi Banten, jumlah sawah yang terendam banjir hingga 2 Januari 2019 ada sekitar 2.123 hektare yang terendam banjir dan mengalami kerusakan. Sedangkan 3 hektare diantaranya terkena puso atau gagal panen. Sebagian besar sawah yang terkena banjir tersebut berada di Kabupaten Pandeglang.

“Sebanyak 1.373 hektare di Kabupaten Pandeglang, 10 hektare di Lebak dan 740 hektare di Kabupaten Serang,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten M Agus Tauchid di Serang, Kamis, (03/01/2019).

Agus mengatakan, luasan sawah yang terkena banjir tersebut tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Pandeglang, satu kecamatan di Lebak dan 10 kecamatan di Kabupaten Serang.

“Usia tanam mulai satu hari sampai menjelang panen,” katanya.

Menurut dia, langkah penanganan yang dilakukan Dinas Pertanian Banten diantaranya mendata anggota kelompok tani yang terdampak banjir khusus yang terkena puso. Kemudian melakukan pengamatan lebih intensif oleh petugas di lapangan untuk mendata kembali dan memilah umur tanaman yang riskan dan dapat mengakibatkan puso.

“Bagi petani atau kelompok tani yang pertanamannya dinyatakan puso dimohon segera mengajukan permohonan bantuan benih melalui cadangan benih daerah (CBD),” kata Agus.

Agus juga meminta agar petani menunda sementara tanam ulang. Sampai dengan curah hujan menurun dan air surut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *