Dirjen Pemasyarakatan Pastikan Ketersediaan TPS di Seluruh Lapas dan Rutan

oleh -54 views
Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami

MITRAPOL.com, Batam – Seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) akan disediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  untuk memfasilitasi terpenuhinya Hak Pilih tahanan dan Narapidana dalam pemilu 2019 bulan April mendatang.

Hal itu seperti disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, Sabtu (12/01/2019) di Batam menindaklanjuti berita running text tentang tidak tersedianya TPS (Tempat Pemungutan Suara) di lapas dan rutan.

Pihaknya pun berkoordinasi langsung dengan Komisioner KPU, Varyan, yang pada hari yang sama  menyelenggarakan simulasi Perekaman E-KTP di Lapas Batam.

“Kami terus berkoordinasi untuk menjamin terselenggaranya hak pilih narapidana dan tahanan, termasuk tersedinya TPS khusus di seluruh lapas dan rutan,” kata Utami di Batam.

Sedangkan lapas atau rutan dengan jumlah pemilih yang sedikit  akan bergabung dengan TPS terdekat di luar lapas rutan.

“Intinya kami akan memfasilitasi maksimal agar tahanan dan narapidana yang telah memenuhi syarat, tersalurkan suaranya pada Pemilu tahun ini,” pungkas Utami.

Sementara itu, Kepala Lapas Gunung Sugih, Syarpani menyatakan bahwa Lapasnya siap melaksanakan pesta demokrasi tahun 2019 dan menastikan tidak akan ada kecurangan dalam pelaksanaannya.

“Lapas Gunung Sugih siap melaksanakan pesta demokrasi dengan tertib dan telah melakukan perekaman bagi warga binaan kerjasama dengan Dinas Dukcapil Lampung Tengah,” ujarnya. (Lami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *