Lagi, Palembang Berhasil Sabet Piala Adipura Kategori Kota Metropolitan

oleh -21 views
Walikota Palembang Harnojoyo menerima langsung Plakat Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla, di Gedung Manggala Wanabakti,

MITRAPOL.com, Sumsel – Di awal Tahun 2019 ini, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan. Dengan rincian 1 Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

Kali ini Kota Palembang meraih Adipura kategori Kota Metropolitan untuk kedua belas kalinya, bersama dengan Kota Tangerang.

Walikota Palembang Harnojoyo, usai menerima langsung Plakat Piala Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Senin (14/01/2019) mengatakan, Anugerah Adipura ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak dalam menjaga kebersihan dan Adipura ini juga menjadi bukti keberhasilan program gotong-royong yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat.

“Penghargaan bukan merupakan tujuan utama, namun bagaimana meningkatkan peran serta masyarakat yang bersama-sama turut menjaga kebersihan lingkungannya dengan cukup membersihkan lingkungan masing-masing,” papar Walikota Harnojoyo.

Dikatakan Walikota Harnojoyo, pelaksanaan program gotong royong yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat, telah menjadi gerakan moral untuk menumbuhkan rasa kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat dan jiwa hidup bersih yang harus selalu diamalkan serta disebarkan kepada seluruh masyarakat.

Menurutnya, gotong royong yang dimaksudkan merubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“Mari bersama-sama kita berupaya untuk selalu meningkatkan prestasi ini menjadi Adipura Kencana,” imbuhnya.

Program Adipura ini, merupakan program nasional untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha, dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan).

Program ini demi untuk menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance).

“Prinsip utama penerapan Adipura adalah pelibatan peran aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku. Selain itu, terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi. Serta penuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang,” pungkasnya. (Adri/M.kaliq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *