Turunkan Tarif Tiket Pesawat, Menhub Apresiasi INACA

oleh -6 views

MITRAPOL, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi sikap kedewasaan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang menurunkan tarif tiket penerbangan.

“Saya mengapresiasi INACA yang dewasa, memberikan satu cara agar masyarakat tidak resah,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi kepada awak media di Jakarta, Senin (1401/2019).

Menurut Menhub, untuk ke depannya harus melihat struktur biaya yang ada di maskapai yakni beban-beban yang harus ditanggung, seperti biaya “leasing” pesawat dan konsumsi bahan bakar avtur.

“Kalau komponen-komponen ini bisa dikelola dengan baik, tentunya biaya mereka lebih kompetitif. Namun kadang hal itu ‘given’, semua dolar AS. Oleh karenanya kita akan bicara dengan mereka (INACA),” ujar Menhub usai menghadiri Seminar dan Dialog Nasional “Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia”.

Sehari sebelumnya, pada Minggu (13/01/2019), seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) telah menurunkan tarif tiket penerbangan sejak Jumat 11 Januari 2019 pada beberapa rute penerbangan seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar dan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya.

Ketua Umum Inaca Ari Askhara mengatakan hal itu menyusul keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket dan adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para pemangku kepentingan seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, AirNav dan Pertamina.

“Di tengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga,” kata Ari.

Ari menambahkan seluruh anggota Inaca serta seluruh jajaran terkait pemangku kepentingan layanan penerbangan nasional seperti pengelola bandara, badan navigasi, hingga pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembahasan intensif terkait penurunan struktur biaya pendukung layanan kebandara udara dan navigasi agar dapat selaras dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *