Warga Desa Darmasari Desak Perusahaan Bayar Ganti Rugi Lahan Garapan

oleh -77 views

MITRAPOL.com, Lebak  – Warga di Desa Darmasari Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten mendesak milik PT.Cemindo Gemilang segera membayarkan ganti rugi terkait pemakaian lahan garapan yang diduga sudah di jadikan akses jalan, dan dibangun turap oleh perusahan tersebut.

Dari penelusuran Mitrapol, sudah beberapa kali warga menanyakan kepada pihak perusahaan  bahkan  di musyawarahkan di tingkat Desa, namun tidak ada tanggapan atas lahan garapan yang sudah di gunakan perusahaan semen itu.

Padahal sudah jelas Suparman memiliki lahan di Desa Darmasari Kecamatan Bayah di Blok 36 Persil 17 dengan bukti Surat Pembayaran Pajak Terhutang (SPPT). Bahkan di buku DHKP dan Peta Rincik Desa sudah tidak diragukan lagi atau jelas dengan data tanah dan bukti kepemilikan garapannya.

Warga tersebut meminta perusahaan agar segera membayar, karena sudah lima tahun pihak tidak ada penjelasan kepada warga yang lahannya sudah dijadikan akses jalan tersebut.

“Kami dari CSR Cemindo hanya bisa mempasilitasi saja namun kalau selebihnya langsung tanyakan ke Legal pertanyaannya Pak Radit saja pak,” ungkap Evi, saat dihubungi melalui HP.

Sementara itu, Ida, salah satu anak dari pemilik lahan mengatakan, “Kami sudah beberapa kali musyawarah tersebut di dan  di saksikan langsung CSR PT.Cemindo Gemilang,dan terakhir gelar data di Desa Darmasari, dan sudah jelas kami memiliki garap di lahan tersebut,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam bidang pertanahan sudah jelas sesuai ketentuan pasal 406 kitab undang-undang hukum pidana (KUHP), seseorang yang melawan hukum menghancurkan, merusak barang sesuatu milik orang lain maka di ancam pidana penjara paling lama dua tahun dua bulan.

“Besar harapan kami, seyogyanya pihak perusahaan bisa memperhatikan atas lahan warga  mengingat sudah terpakai lama, agar hak garap mereka segera di  ganti rugi dan terselesaikan sesuai harapan,” ujar salah seorang tokoh pemuda setempat bernama Kim.

Rencananya, Warga Desa Darmasari dan Bayah Barat yang terdampak, akan menggelar aksi unjuk rasa  dengan mendatangi kantor perusahaan PT.Cemindo Gemilang bila perusahaan tidak bisa memenuhi dan menyelesaikan tuntutan warga. (Odil/A4N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *